WartaSolo.com – Beberapa waktu yang lalu Sony Plasytation dikabarkan telah menghentikan penjualan PlayStation Portable (PSP) di negara Amerika. Terkini, perusahaan raksasa asal Jepang itu kabarnya juga menghentikan penjualan PSP di kampung halamannya pada bulan Juni ini.

Dilansir dari Yahoo, Rabu (4/6/2014), selama 10 tahun terakhir, PSP menjadi jawara di negara asalnya. Pihak Sony akan menghentikan penjualan PSP di pasar Eropa dan juga Asia dalam akhir tahun ini secara bertahap.



Dalam keterangannya, perusahaan yang bermarkas di Tokyo ini menyatakan bahwasebelumnya perusahaan menghentikan penjualan PSP ini di Amerika Utara pada Januari lalu.

PSP sendiri pertama kali muncul pada Desember 2004 silam. Sejak saat itu, PSP mejadi produk yang sukses memberikan keuntungan kepada perusahaan. Tentunya Sony memiliki alasan khusus mengapa penjualan PSP dihentikan.

Usut punya usut, Sony rupanya akan menggiatkan penjualan penerus PSP yaitu PlayStation Vita. Namun, beberapa analis menyebutkan bahwa PS Vita sebagai penerus PSP ini belum menunjukkan angka penjualan yang signifikan.

Ditambah lagi mereka harus bersaing ketat dengan perusahaan game Jepang lainnya yakni Nintendo Co’s untuk memenangkan hati para gamer di seluruh dunia.

Nintendo sendiri juga telah berjuang untuk menjaga momentum baik dalam penjulan di pasar game. Lantas, akankah PS Vita kelak juga akan menuai kesuksesan seperti PSP?