WartaSolo.com – Pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 telah selesai dilaksanakan dan sebanyak 125.406 siswa dinyatakan lulus. Mereka yang lulus SNMPTN 2014 berjumlah 125.406, dengan rincian 98.091 orang untuk jalur reguler, dan 27.315 orang untuk jalur Bidikmisi.

Bagi peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 yang tidak lolos seleksi, jangan berkecil hati karena Anda masih memiliki kesempatan untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2014. Peserta dapat mendaftar online di laman https://pendaftaran.sbmptn.or.id/login.php. Sebelumnya UGM juga membuka 6 jalur masuk untuk UGM bagi yang tak lolos SNMPTN.



Setelah peserta mendaftar online dapat segera melakukan pembayaran Biaya Ujian ke Bank Mandiri hingga 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB. Peserta SNMPTN yang tidak lolos seleksi dan berminat untuk mengikuti SBMPTN, juga dapat menggunakan KAP SNMPTN untuk pendaftaran SBMPTN 2014 melalui beberapa tahapan.

Tahap pertama, calon peserta masuk ke laman https://pendaftaran.sbmptn.or.id/login.php, pilih opsi “Peserta SNMPTN 2014 yang belum memiliki PIN”. Dengan memilih opsi tersebut akan memudahkan peserta dalam pendaftaran online SBMPTN karena data pribadi seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir, dan lain-lain sudah terisi otomatis oleh sistem.

Tahap kedua, setelah mengisi biodata diri, calon peserta akan mendapatkan PIN SBMPTN. Lalu masuk pada tahap ketiga, calon peserta kembali login dengan menggunakan KAP dan PIN SBMPTN ke laman https://pendaftaran.sbmptn.or.id/login.php untuk melanjutkan pendaftaran.

Pada tahap ini, peserta dipersilakan untuk mengunggah foto, mengisi informasi sekolah, memilih lokasi tempat mengikuti ujian dan memilih Program Studi. Setelah itu, calon peserta akan mendapatkan Slip Pembayaran yang di dalamnya terdapat Nama Peserta, KAP, Tanggal Lahir, dan Kode Pembayaran yang akan digunakan pada saat melakukan pembayaran Biaya Ujian SBMPTN 2014 ke Bank Mandiri.

Tahap berikutnya, salon peserta diwajibkan untuk login kembali ke laman https://pendaftaran.sbmptn.or.id/login.php dengan menggunakan KAP dan PIN SBMPTN untuk mencetak Kartu Tanda Peserta SBMPTN 2014. Perlu diperhatikan bahwa jika pendaftar yang belum mencetak kartu peserta, belum dinyatakan sebagai peserta SBMPTN 2014

Bagi peserta yang telah mencetak Kartu Peserta, panitia menghimbau agar menyimpan Kartu Peserta SBMPTN 2014 dalam bentuk hardcopy dan softcopy sebagai cadangan jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Bagi peserta SNMPTN dengan program Bidikmisi yang tidak lolos SNMPTN dan berminat mengikuti SBMPTN 2014, kata Asep Gana, dapat langsung menggunakan KAP dan PIN SNMPTN yang diperoleh dari Bidikmisi untuk mendaftar di SBMPTN dengan membuka laman https://pendaftaran.sbmptn.or.id/login.php tanpa harus membayar Biaya Ujian ke Bank Mandiri.

Bagi peserta SNMPTN yang lolos seleksi dan akan mendaftar ulang, dilakukan pada 17 Juni 2014 di setiap PTN tempat peserta diterima sebagai calon mahasiswa baru. Perlu diperhatikan oleh setiap peserta yang lolos seleksi SNMPTN, jadwal pendaftaran ulang SNMPTN 2014 bersamaan dengan jadwal Ujian Tertulis SBMPTN 2014.

Peserta SBMPTN 2014 di Panitia Lokal Bandung sebanyak 1.950 untuk kelompok sains dan teknologi, 2.046 kelompok sosial dan hukum, dan sebanyak 1.144 untuk kelompok campuran. Dengan total peserta sebanyak 6140. Demikian informasi dikutip dari Pikiran Rakyat, Selasa (27/05/2014).