WartaSolo.com – Seperti telah diinformasikan sebelumnya, berdasarkan rencananya, pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 online akan dilakukan hari ini, Selasa (27/5/2014) mulai pukul 12.00. Sedangkan untuk pengumuman hasil SNMPTN 2014 secara offline (media massa) rencananya akan diselenggarakan sehari sesudah pengumuman online.

Pada SNMPTN 2014 ini, tercatat ada sebanyak 777.357 peserta yang tercatat melakukan pendaftaran lewat jalur undangan. Nama-nama yang dinyatakan lolos seleksi ujian SNMPTN 2014 hari ini dapat dicek secara online melalui situs resmi dengan alamat http://www.snmptn.ac.id.


Ketua Panitia SNMPTN 2014, Ganjar Kurnia, menegaskan bahwa nama siswa yang tercantum dalam pengumuman hasil SNMPTN 2014 di www.snmptn.ac.id hendaknya jangan bergembira dulu, karena hal itu baru tahap seleksi dan masih ada tahapan lainnya.

Dalam konferensi pers terkait pengumuman hasil SNMPTN 2014 di Jakarta, Senin (26/5/2014), Ganjar mengatakan bahwa masih ada tahap verifikasi mulai dari pencocokan nilai rapor, hingga melakukan verifikasi terhadap kondisi ekonomi.

Sebagai tambahan informasi, perguruan tinggi yang banyak menerima mahasiswa pada SNMPTN 2014 adalah Universitas Brawijaya sebanyak 6.056 orang, disusul Universitas Haluoleo sebanyak 4.019 orang, dan juga Universitas Sumatera Utara sebanyak 3.746 orang.

Sementara itu, program studi yang paling banyak diminati pada seleksi SNMPTN 2014 ini adalah manajemen, akuntansi, ilmu komputer,teknik informatika, pendidikan dokter, psikologi, farmasi, hukum, pendidikan guru sekolah dasar, dan ilmu komunikasi.

Melihat pengalaman tahun sebelumnya, situs resmi pengumuman SNMPTN tersebut sering kali susah atau bahkan tidak bisa diakses karena tidak sanggup menampung trafik pengunjung yang meledak.

Semoga saja hal ini tidak terjadi pada pengumuman SNMPTN 2014 dengan antisipasi kesigapan panitia, misalnya dengan menyedikan link alternatif (mirror links) guna membagi trafik dalam beberapa situs untuk melihat pengumuman hasil SNMPTN 2014 secara online.

Sebagai informasi, mekanisme seleksi SNMPTN tahun ini akan dilakukan secara bertahap, siswa pelamar diseleksi di perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi (prodi).

Untuk siswa yang memilih dua PTN, apabila dinyatakan tidak lulus pada PTN pilihan pertama, akan diseleksi di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan prodi dan ketersediaan daya tampung.