WartaSolo.com – Menjadi Pegawai Negri Sipil merupakan pekerjaan yang diidam-idamkan oleh banyak orang di Indonesia, bahkan jika kita bandingkan jumlah pelamar dengan jumlah formasi yang dibuka pasti akan sangat timpang sekali. Dan akan kabar baik buat anda yang berminat untuk menjadi abdi Negara, karena pada pendaftaran CPNS 2014 akan di bukan lebih cepat yakni pada bulan juli 2014 ini.

Rencanaya Pemerintah akan membuka 100.000 lowongan Calon PNS serta Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di seluruh wilayah Indonesia.


INGAT! pantau juga update info penerimaan CPNS 2017 karena akan dibuka pendaftaran online penerimaan cpns diantaranya adalah penerimaan cpns kemenkumham 2017, dan juga pendaftaran cpns MA 2017 online. Silakan cek dokumen berikut berupa download pengumuman resmi file PDF persyaratan CPNS 2017 kemenkumham dan Mahkamah Agung.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) akan membuka kesempatan masyarakat untuk mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014. Pihaknya akan menggelar Job Fair CPNS 2014 di Hotel Sahid, Jakarta, pada 16 Juni-17 Juni mendatang. Acara itu akan digelar bersamaan dengan pameran inovasi pelayanan publik dari seluruh daerah di Indonesia.

“Nanti akan kami umumkan posisi apa saja yang lowong dan bisa diisi. Jadi saya harap kementerian atau lembaga dan pemda bisa menarik minat CPNS untuk mendaftar,” ujar Eko Prasojo, Wakil Menteri PAN-RB, di kantornya, seperti dikutip dari Kompas, Jumat (2/5/2014).

Tahun ini, dari 100.000 formasi yang dibuka terdiri dari 60.000 orang untuk menjadi PNS dan 40.000 orang dengan status PPPK. Eko menegaskan, PPPK bukan honorer atau pegawai tidak tetap, melainkan dikontrak minimal satu tahun dan bisa diperpanjang sesuai kebutuhan.

Proses seleksi CPNS 2014 melanjutkan sistem yang telah dilakukan sebelumnya, yaitu dengan online. Pelamar memasukkan data lewat sistem online, lantas proses seleksi menggunakan sistem computer assisted test (CAT). “Jadi bisa diketahui hal yang tidak rasional soal jumlah pegawai yang dibutuhkan,” kata Eko.

Sistem yang lebih ketat juga diberlakukan pada kementerian atau lembaga (K/L) dan pemda yang tak menggunakan sistem CAT, tak akan diberi formasi. Tes CPNS akan dilakukan mulai pertengahan Juni hingga Oktober. “Tidak sekaligus satu hari, tapi bertahap agar lebih obyektif,” ucap Eko.

Sementara itu, bagi daerah yang belum memiliki sistem CAT, tes bisa dilakukan di 12 kantor regional Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan 2.400 titik lokasi kantor Kemendikbud yang telah melakukan uji profesi untuk guru.