Solo, WartaSolo.com – Guna menambahkan kuota angkutan umum di kota solo, PT Bengawan Solo Transport (BST) sudah mempersiapkan sebanyak 40 Bus Batik Solo Trans koridor II dimana bus baru ini siap mengaspal pada tanggal 25 Februari mendatang.

Menurut ketarangan dari Farida Wardhatul Jannah selaku Direktur Utama PT BST mengatakan bahwa secara teknis persiapan operasional BST dengan rute Kartasura – Palur ini sudah sudah final. Dari sisi armada, awak bus, halte dan perangkat lain tinggal jalan saja.


“Tinggal penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) saja. Soal ini kami hanya menunggu Pemkot,” katanya kepada wartawan, Rabu (19/2/2014).

Sebanyak 20 orang pengemudi dan 20 Pramugari sudah dipersiapkan untuk mengoprasikan 16 Unit BST, dimana tiap 1 unit Armada BST akan diisi oleh satu pengemudi dan satu pramugari.

“Sistem kerja mereka 5 hari kerja, 1 hari off,” terangnya.

Dengan jumlah armada yang ada saat ini menurutnya sudah termasuk ideal. Asumsinya, waktu tunggu antar bus pada tiap halte rata-rata 7,5 menit.

Jika melihat pada standar pelayanan minimum pada angkutan umum, masa tunggu antar bus tiap halte tidak boleh lebih dari 10 menit. Harapannya, setelah jumlah armada yang diinginkan pada koridor II sebanyak 24 unit BST bisa terpenuhi seluruhnya, masa tunggu antar bus bisa ditekan lagi.

“Kalau armadanya sudah siap semua, jarak antar bus hanya 4-5 menit,” tuturnya.