WartaSolo.com – Seperti diketahui status merapi hari ini masih waspada dimulai sejak beberapa waktu lalu. Hal ini membuat MGM atau Museum Gunung Merapi juga meningkatkan kewaspadaan dengan membatasi jumlah pengunjung.

Tidak hanya itu saja, pihak MGM juga mengarahkan kepada pengunjung untuk tetap waspada dengan menjelaskan letak pintu emergency dan juga wajib parkir menghadap selatan.



Salah satu pihak MGM yakni Suharno juga menyebutkan bahwa durasi kunjungan museum pun di pangkas, yang tadinya bisa hingga 40 menit kini hanya diberikan waktu sampai 30 menit saja. Selain itu juga disampaikan status merapi terkini kepada pengunjung secara berkala.

Selain itu pihak Pengelola MGM juga mengikuti instruksi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Jogja dan pejabat berwenang lainnya terkait penutupan lokasi wisata. Suharno menuturkan jika kawasan wisata Kaliurang belum dinyatakan harus turun maka MGM juga belum melakukan penutupan.

Sedangkan mengenai penutupan lokasi wisata menurut Bupati Sleman, Sri Purnomo masih akan dikoordinasikan. Sementara ini masih dibuka dan menunggu kebijakan berikutnya.