WartaSolo.com – Pola makan dan gaya hidup yang sehat memang menjadi kunci kesehatan tubuh, jika tubuh sehat maka resiko munculnya kanker dapat diminimalisir. Tahukah anda jika makanan yang kita konsumsi sangat berpengaruh terhadap serangan kanker?

Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan dan nutrisi merupakan salah satu cara tepat untuk mencegah serangan kanker. Salah satu dokter dari Kohinoor Hospital yakni Dr Vimal Jain menyebutkan beberapa jenis makanan yang bisa melawan atau mencegah kanker, demikian seperti dikutip Warta Solo dari Health Me Up, Rabu (23/04/2014).


1. Anggur, mengkonsumsi buah anggur sangat baik untuk pencegahan kanker. Buah anggur terutama untuk anggur merah dan hitam banyak mengandung bioflavonoid yakni antioksidan kuat yang diketahui dapat mencegah kanker.

2. Kedelai, olahan yang dihasilkan dari kedelai seperti susu kedelai mengandung phytoestrogen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh serta mampu menangkal kanker.

3. Bawang putih, kandungan dalam bawang putih dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, jika kekebalan tubuh kuat maka akan terlindungi dari serangan kanker.

4. Kacang, menurut penelitian kacang kaya akan antioksidan yang juga bermanfat untuk mencegah timbulnya kanker.

5. Brokoli, sayuran seperti brokoli, kubis dan kembang kol mengandung 3-carbinol. Zat tersebut diklaim dapat secara ampuh mencegah dan melawan kanker payudara.

Itulah beberapa macam makanan baik buah dan sayuran yang dapat mencegah dan melawan kanker, selain beberapa makanan di atas masih ada makanan lain yang dapat mencegah kanker seperti Wortel dengan beta karoten-nya dan juga buah jeruk dengan kandungan limonene-nya. Semoga bermanfaat.