WartaSolo.com – Tertawa memang menjadi hal yang biasa, bahkan fenomena sekarang hampir semua stasiun televisi mempunyai sebuah program yang membuat penontonnya tertawa. Banyak yang mengatakan bahwa tertawa itu menyehatkan, ternyata hal tersebut bukan sekedar guyon belaka namun benar adanya bahwa tawa ternyata dapat membuat kita sehat terutama meningkatkan daya ingat.

Sebuah penelitian di Amerika berhasil mengungkap bahwa orang dewasa terutama manula akan lebih mudah mengingat sesuatu setelah atau ketika mereka tertawa. Hal tersebut karena tawa bisa mengurangi stres dan menurunkan tingkat hormon cortisol dalam darah, hormon ini diketahui menjadi salah satu penyebab menurunnya daya ingat. Demikian seperti Warta Solo kutip dari Daily Mail, Senin (21/4/2014)



Penelitian dilakukan terhadap 20 orang dewasa dengan diminta sebagian melihat video lucu dan sebagian lagi diminta untuk melihat film yang tidak membuat tertawa selama 20 menit. Setelah itu peneliti melakukan tes daya ingat dan mengambil sampel air liurnya untuk mengukur kadar hormon cortisol dalam tubuh mereka.

Hasilnya adalah mereka yang menonton film lucu memiliki nilai tes daya ingat yang lebih dibandingkan dengan mereka yang menonton film serius. Hal ini karena tertawa bisa meningkatkan endorphin pada tubuh dan mengirimkan dopamin pada otak sehingga menimbulkan perasaan bahagia, mengubah aktivitas gelombang otak, dan menguatkan daya ingat seseorang.