WartaSolo.com – Bagi seorang wanita masa kehamilan adalah masa yang sangat penting dan harus sangat diperhatikan asupan nutrisinya. Perlu kehati-hatian dalam mengkonsumsi segala sesuatu, baik itu obat ataupun makanan karena dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Ibu hamil diharuskan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi apakah sudah memenuhi nutrisi yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk kesehatan dan tumbuh kembang janin seperti yang Warta Solo kutip dari situs Healthmeup, Senin (21/4/2014)


1. Kalsium, baik janin maupun ibu yang mengandungnya sangat membutuhkan kalsium untuk tulang dan gigi, selain itu kalsium juga berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah dan menguatkan sistem saraf.

2. Asam folat, dengan sebutan lain vitamin B9 adalah nutrisi yang membantu dalam memproduksi sel darah merah. Nutrisi ini juga sangat penting untuk memperbaiki DNA serta mengurangi resiko kelahiran prematur. Asam folat bisa didapat dari bayam, kacang tanah dan biji-bijian.

3. Zat Besi, nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk memproduksi hemoglobin yang penting untuk meningkatkan kualitas plasenta. kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan mempertinggi resiko kelahiran prematur.

4. Vitamin D, ibu hamil sangat membutuhkan asupan vitamin D selama masa kehamilan untuk meningkatkan energi dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu asupan vitamin D dengan jumlah tepat dapat meningkatkan kekuatan tulang.