Solo, WartaSolo.com – Hari kartini tak hanya diperingati dengan cara menggunakan kebaya atau jas di sekolah, tetapi juga menggambar sosok pahlawan wanita yang menjadi inspirasi kebangkitan emansipasi wanita. Hal ini dilakukan oleh siswa SDN Tugu Jebres, Solo yang menggambar tokoh Kartini di halaman sekolah dasar tersebut.

Berdasarkan informasi yang telah berhasil dihimpun, kegiatan menggambar sosok Kartini di halaman sekolah SDN Tugu Jebres ini diikuti oleh sekitar 225 orang siswa sebagai bentuk ekspresi dan memperingati pahlwawan emansipasi wanita yang terkenal dengan karya “Habis Gelap, Terbitlah Terang”.



Kegiatan menggambar Kartini di SDN Tugu Jebres ini digagas oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) dari Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Kegiatan ini mengusung judul “Menggambar seratus wajah Kartini”.

Hal ini dibenarkan oleh Basnendar selaku Ketua Jurusan DKV yang berpendapat bahwa dengan menggambar, anak-anak lebih mudah mengenal sosok RA Kartini sebagai seorang pahlawan wanita. Selain itu, kegiatan ini juga memacu kreativitas siswa SDN Tugu Jebres.

Basnendar mengungkapkan bahwa pihaknya membebaskan siswa SDN Tugu Jebres ini untuk menggambar RA Kartini, termasuk tempat untuk menggambarnya. Ada yang menggambar di lantai, paving halaman sekolah, dekat pintu grebang sekolah, dan banyak lagi.

Masing-masing siswa menerima pembagian kapur tulis dan contoh gambar RA Kartini sebagai acuan untuk menggambar. Sebagian dari mereka menggambar dengan kreativitas dan imajinasinya.

Seperti yang dilansir dari KR Jogja pada Senin (21/04/2014), Basnendar yakin bahwa kegiatan menggambar Kartini sambil bermain ini akan membuat siswa lebih mengetahui siapa sosok pahlawan RA Kartini dan perjuangannya.