WartaSolo.com – Google dikabarkan sedang menyiapkan smartphone Nexus dengan harga murah untuk membidik pasar entry-level. Berdasarkan informasi yang telah beredar di internet, smartphone Nexus versi murah ini rencananya akan dijual dengan harga antara $100 hingga $130 atau sekitar Rp 1,2 juta hingga Rp 1,6 juta.

Berdasarkan kabar yang berhasil dihimpun, Google menggandeng MediaTek untuk mewujudkan produk Nexus versi murah tersebut. Seperti yang kita ketahui, MediaTek adalah produsen chipset dan prosesor asal Taiwan yang cukup terkenal kiprahnya di pasar smartphone dan tablet kelas entry-level.


Meski nama MediaTek masih kalah populer jika dibandingkan Qualcomm Snapdragon atau Nvidia Tegra, tetapikualitas dan kinerjanya cukup bersaing. Cukup masuk akal apabila Google menggandeng MediaTek untuk menghadirkan ponsel pintar Nexus versi murah.


Bersumber dari situs China, MTKSJ, Google merancang sebuah smartphone murah yang memiliki spesifikasi yang cukup gahar, sehingga performanya dalam penggunaan sehari-hari sangat nyaman. Raksasa mesin pencari ini tampaknya ingin menyaingi smartphone gahar dengan spesifikasi tinggi, seperti Xiaomi Redmi, ZTE Redbull V5, dan Lenovo Golden Warrior S8.

Meski dikabarkan sedang menggarap Nexus versi murah, Google tidak melupakan Nexus 6 yang menjadi penerus dari Nexus 5. Berdasarkan kabar yang beredar, Nexus 6 nantinya akan membidik pasar kelas atas menggantikan Nexus 5 dengan basis pengembangan dari LG G3 yang sampai saat ini masih misterius.

Seperti yang dilansir dari TomsHardware pada Sabtu (19/04/2014), sampai saat ini tak ada keterangan resmi dari MediaTek dan Googlke terkait informasi Nexus murah yang ramai diperbincangkan.

Jika informasi ini benar, tampakya Nexus versi murah ini akan menjadi pesaing kuat di kelas entry-level dengan dukungan update yang terjamin dari Google.