WartaSolo.com – Kroto merupakan telur dari semut rang – rang yang biasa digunakan sebgaai pakan burung. Kroto sering dicari para pecinta kicau mania. Pakan burung dengan kroto dipercaya dapat menghasilakn suara yang bagus bagi burung. Namun dengan semakin langkanya kroto ini, membuat harga pakan burung yang satu ini sering mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Kini Kroto bisa anda budidayakan sendiri dirumah. Selain dapat menjadi peluang usaha, juga dapat memberi makan burung anda tanpa harus khawatir kekurangan pakan kroto. Caranya cukup mudah dan dapat anda praktekkan sendiri dirumah. Berikut cara budidaya kroto dengan cara menggunakan toples yang sangat mudah untuk dipraktekkan.


Cara Pembuatan Sarang Kroto dengan toples

Alat – alat yang disediakan
1. Sediakan toples
Ukurannya bebas, besar atau kecil yang penting toples tersebut transparan. Bagian bawah toples dilubangi pada bagian tengah. Dengan tujuan sebagai saluran keluar masuknya semut rangrang dan juga saluran udaranya.

2. Siapkan nampan/baskom
Digunakan sebagai als toples gara semut rangrang tidak lari kemana – mana.

3. Solasi coklat atau hitam dan dapat juga pakai kertas
Digunakan untuk menutupi toples agar semut rangrang cepat bersarang dan membuat jaring – jaring. Setelah semut sudah mulai bersarangm, anda dapat melepaskan solasinya.

4. Batu bata
Ditaruh diantara toples dan juga nampan agar toples tidak terendam air.

Cara Budidaya Kroto Semut Rangrang

Cari sarang semut rang – rang dipohon. masukkan dalam plasitik/toples dan kasih celah udara. Siapkan ember plastik besar yang sudah dikasih tepung pati agar semut tidak keluar kemana – mana. Masukkan sarang dalam ember, sebelumnya bersihkan dari jaring – jaring dan daunnya. Kemudian beri penghubung antara ember dan juga toples dengan menggunakna sapu lidi. Kemudian tinggal saja hingga semut membuat sarangnya sendiri. Didalam toples sebelumnya sudah dikasih makanan dan juga minum agar semut tertarik pindah kedalam toples.

Nah itulah cara budidaya kroto dengan menggunakna media toples yang dapat anda praktekkan sendiri dirumah anda. Semoga dapat menjadi peluang usaha yang bisa diandalkan.