Wonogiri, WartaSolo.com – Pupuk Ponska palsu dikabarkan marak beredar di wilayah Kabupaten Wonogiri. Maraknya peredaran pupuk Ponska dipicu oleh kelangkaan pupuk Ponska yang banyak dibutuhkan oleh petani. Hal ini jelas menimbulkan kerugian bagi pihak petani karena pupuk palsu tersebut.

Sampai saat ini memang belum diketahui dari mana pupuk Ponska palsu yang beredar di Wonogiri ini berasal. Kelangkaan pupuk Ponska yang terjadi di Wonogiri sejak bulan lalu ternyata dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tak bertanggung jawab dengan mengedarkan pupuk Ponska palsu.


Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, pupuk Ponska palsu yang beredar di sejumlah wilayah di Wonogiri ini menggunakan merek Poska. Banyak pengecer dan oknum tertentu yang memanfaatkan kelangkaan pupuk Ponska ini dengan menjual pupuk palsu yang menggunakan merek Poska.

Informasi mengenai peredaran pupuk Ponska palsu dengan merek Poska ini dibenarkan oleh Sutardi BSc yang merupakan salah satu distributor resmi pupuk di wilayah Wonogiri dan memiliki kantor di Desa Ngadirojo. Pihaknya menyayangkan aksi oknum tertentu yang mengedarkan pupuk palsu tersebut.

Menurut Sutardi, Petanilah yang paling dirugikan dari beredarnya pupuk palsu Poska tersebut karena petani telah mengeluarkan uang untuk membeli pupuk palsu dan tidak menghasilkan. Meski demikian, banyak petani yang mengetahui bahwa pupuk merek Poska adalah Ponska palsu.

Sutardi juga mengatakan bahwa oknum pengedar pupuk palsu Poska ini mengedarkan pupuk palsu ke pelosok-pelosok desa menggunakan mobil boks dan dijual dengan harga yang jauh lebih murah dari pupuk Ponska asli.

“Jual beli pupuk Poska ini harus mendapat perhatian serius pihak-pihak terkait karena jelas merugikan konsumen atau petani, kasihan mereka. Banyak petani di desa-desa yang meyakini Poska sebagai pupuk palsu karena setelah dibeli untuk memupuk tanaman tidak ada hasilnya sama sekali,” kata Sutardi, seperti yang dilansir dari KR Jogja pada Jumat (11/04/2014).