WartaSolo.com – Pabrikan Korea Selatan kembali menggebrak pasar dengan merilis smartphone Galaxy S3 Neo untuk pasar India dengan harga Rp 4,7 juta. Samsung tampaknya ingin mengokohkan posisinya di pasar smartphone India melalui smartphone kelas menengah Galaxy S3 Neo.

Penampilan Galaxy S3 Neo ini mirip Galaxy S3 yang merupakan smartphone andalan Samsung tahun 2012 lalu. Meski tampang Galaxy S3 Neo mirip, spesifikasi yang diusung oleh Galaxy S3 Neo ini berbeda cukup jauh jika dibandingkan dengan Galaxy S3 yang kini sudah didiskontinyu.


Spesifikasi yang dipangkas membuat kinerja Galaxy S3 Neo juga turut menyusut karena hanya dibekali dengan prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 1,5GB. Jelas, spesifikasi yang dibawa oleh Galaxy S3 Neo lebih inferior dibandingkan produk sekelas lainnya, semisal Lenovo Vibe X.

Pabrikan asal Korea Selatan ini membekali Galaxy S3 Neo dengan bentang layar sentuh 4,8 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel yang disematkan teknologi Super AMOLED andalan Samsung. Tak hanya itu, smartphone ini disokong baterai berkapasitas 2100mAh, setara dengan Galaxy S3.

Samsung membekali Galaxy S3 Neo dengan sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean, ini cukup disayangkan mengingat sudah mulai banyak smartphone baru yang menggunakan OS Android KitKat. Fitur yang dibawa oleh Galaxy S3 Neo cukup mumpuni, sebut saja 3G HSPA, WiFi, Bluetooth, dual SIM, GPS, dan port microUSB.

Sisi kamera, Galaxy S3 Neo masih sama dengan Galaxy S3 yang mengandalkan kamera belakang 8 megapiksel yang dipersenjatai dengan fitur autofokus dan LED flash. Tak lupa, Galaxy S3 Neo juga dilengkapi dengan kamera depan 2 megapiksel.

Seperti yang dilansir dari Phone Arena pada Rabu (09/04/2014), Samsung Galaxy S3 Neo dibekali dengan ruang simpan internal 8GB yang dapat diperluas melalui slot microSD.