WartaSolo.com – Tak lama setelah diluncurkan secara resmi, kini smartphone Lumia 630 dirilis di Rusia dengan harga 163 euro atau sekitar Rp 2,4 juta. Smartphone Nokia Lumia 630 ini memang belum masuk pasar, tetapi di Rusia sudah mulai dibuka pemesanan atau pre-order.

Nokia Lumia 630 ini adalah senjata baru Nokia untuk menggempur pasar smartphone kelas entry-level yang telah dipersenjatai oleh sistem operasi Windows Phone 8.1. Tak hanya itu, Lumia 630 ini adalah smartphone Windows Phone pertama yang dilengkapi dengan dukungan dual SIM.


Smartphone Lumia 630 ini tampil dengan balutan casing plastik yang tersedia dalam beberapa warna menarik, sama seperti Lumia seri lainnya. Sekilas tampilan Lumia 630 ini agak mirip dengan Lumia 625 yang mengusung bentuk yang agak membual dengan sudut yang melengkung.

Salah satu hal baru yang ditawarkan oleh Nokia Lumia 630 ini adalah hadirnya tombol on-screen yang menggantikan tombol kapasitif yang biasanya ditempatkan di bawah layar. Hal ini sebenarnya telah lama diterapkan oleh jajaran smartphone Android generasi baru.

Nokia Lumia 630 dibekali bentang layar sentuh 4,5 inci dengan resolusi 480 x 854 piksel yang disematkan teknologi IPS. Tak hanya itu, layar Lumia 630 ini dilindungi lapisan antigores dari Gorilla Glass 3 besutan Corning.

Pabrikan asal Finlandia ini membekali Lumia 630 dengan ruang simpan internal sebesar 8GB. Pengguna tak perlu khawatir kehabisan memori karena Nokia melengkapinya dengan slot microSD untuk tambahan memori untuk menyimpan foto, video maupun musik.

Performa Lumia 630 cukup tinggi kerena ditenagai oleh prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz dari Qualcomm Snapdragon 400 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB yang diklaim mampu mencukupi kebutuhan komunikasi dan tugas sehari-hari.

Sektor kamera, Nokia mempersenjatai Lumia 630 dengan kamera belakang dengan resolusi 5 megapiksel yang telah dilengkapi dengan fitur autofokus.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena pada Selasa (08/04/2014), smartphone Lumia ini didukung fitur WiFi, Bluetooth, dual SIM, dan 3G HSPA. Sayangnya tak ada informasi mengenai kapan smartphone ini masuk Indonesia.