WartaSolo.com – Bagi penggemar otomotif pasti tahu apa kelebihan lampu halogen dibandingkan dengan lampu standar kendaraan bermotor, lampu halogen mampu memberikan pencahayaan yang terang dan lebih fokus dibandingkan dengan lampu biasa. Lampu halogen juga memiliki daya tahan hidup lebih lama yakni 2000 jam.

Namun perlu diketahui untuk memasang atau mengganti lampu motor dengan lampu halogen terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar usia lampu dapat maksimal dan tidak cepat mati dan juga kinerjanya menjadi maksimal. Apa saja hal yang perlu diperhatikan tersebut? berikut tips mengganti lampu halogen


  1. Pilih lampu halogen yang sesuai daya atau wattnya, misalnya motor anda menggunakan lampu standar 18/18 watt maka anda juga harus memilih lampu halogen yang sesuai dengan daya tersebut.
  2. Pilihlah tipe lampu halogen yang sesuai karena resiko yang akan terjadi adalah pencahayaan tidak maksimal dan lampu cepat hitam dan putus karena reaksi kimia. Tipe lampu halogen ada bermacam-macam seperti H1, H3, H4, H10, H13 dan masih banyak lagi.
  3. Pilihlah brand yang sudah terbukti bagus kualitasnya, banyak lampu halogen dengan berbagai brand dan berbeda-beda hasil cahayanya. Jika belum mengetahui brand apa yang paling bagus bisa melakukan percobaan dari 1 brand ke brand yang lain.
  4. Untuk pemasangan usahakan untuk tidak memegang lampu halogen pada bagian kacanya, karena lampu halogen tergolong sangat sensitif. Bercak yang menempel pada lampu akan memusatkan panas pada bagian tersebut, maka jika tidak sengaja tersentuh usahakan untuk membersihkannya dengan menggunakan alkohol.

Bagaimana? jika anda berencana mengganti lampu kendaraan anda dengan lampu halogen maka dengan membaca tips ini anda bisa melakukannya sendiri tanpa mengurangi keawetan dari lampu halogen. Semoga bermanfaat