WartaSolo.com – Sony diperkirakan akan segera meluncurkan smartphone kelas menengah andalannya di pasar Indonesia melalui seri Xperia G. Informasi ini diperkuat munculnya smartphone Sony dengan kode D5103 di situ POSTEL yang menandakan bahwa smartphone tersebut tak lama lagi dirilis.

Pabrikan asal Jepang ini sebelumnya telah merilis smartphonekelas low-end melalui seri Xperia E1 dengan harga Rp 1,7 juta. Kini Sony tampaknya akan melanjutkannya dengan merilis smartphone kelas menengah melalui seri D5103 yang kemungkinan besar akan menyandang nama Xperia G.


Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh smartphone Xperia G besutan Sony ini adalah telah menggunakan sistem operasi Android 4.4 KitKat. Smartphone ini sebelumnya telah muncul di situs benchmark GFX bench dengan spesifikasu yang mirip dengan Motorola Moto G.

Sony kabarnya membekali Xperia G dengan bentang layar sentuh 4,8 inci dengan resolusi 1280 x 720 piksel berteknologi TFT LCD kapasitif. Sampai saat ini belum ada bocoran mengenai penampilan Xperia G, sehingga tak diketahui seperti apa desainnya. Kemungkinan, Xperia G akan mirip dengan Xperia M2.

Kinerja smartphone Sony Xperia G ini diperkirakan tak jauh berbeda dengan Motorola Moto G yang ditenagai oleh prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz dari Qualcomm Snapdragon 400 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Urusan grafis, Xperia G mempercayakannya pada pengolah grafis dari Adreno 330.

Sony juga mempersenjatai Xperia G dengan kamera belakang resolus 8 megapiksel yang disematkan sensoe Exmor RS dan didukung autofokus, serta LED flash. Tak sampai di situ, Xperia G juga dibekali dengan kamera depan dengan resolusi 1,3 megapiksel untuk mengakomodasi video call dan foto selfie.