WartaSolo.com – Bersamaan dengan peluncuran smartphone Lumia 930, Microsoft secara resmi meluncurkan sistem operasi Windows Phone 8.1 yang sebelumnya dikenal sebagai Windows Phone Blue. Salah satu kelebihan Windows Phone 8.1 ini adalah hadirnya fitur yang disebut dengan Cortana.

Cortana adalah jawaban Microsoft terhadap fitur Apple Siri dan Google Now. Microsoft menyematkan Cortana di Windows Phone 8.1sebagai asisten cerdas dengan kemampuan bahasa yang lebih alami dan diklaim lebih baik dari fitur yang ditawarkan oleh pesaingnya.



Microsoft menggunakan nama Cortana yang diambil dari karakter game Halo yang juga dibuat oleh perusahaan tersebut. Sayangnya, pengembangan Cortana ini belum rampung dan fitur ini hadir di Windows Phone 8.1 dalam status beta. Microsoft berjanji akan terus mengembangkan Cortana agar lebih baik lagi.

Selain hadirnya asisten cerdas Cortana, Microsoft menawarkan juga menghadirkan fitur Action Center di Windows Phone 8.1. Fitur ini berfungsi untuk menampilkan smua notifikasi dalam satu tmpat dan memudahkan pengguna untuk menindaklanjuti pemberitahuan yang muncul. Tak hanya itu, Action Center juga memudahkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan fitur-fitur tertentu di ponsel Windows Phone.

Microsoft juga telah mendengarkan keluhan pengguna yang mengatakan bahwa Windows Phone minim fitur kustomisasi dengan menghadirkan peningkatan kostumisasi tampilan pada Windows Phone 8.1. Kini pengguna dapat menggunakan gambar sebagai latar belakang Start Screen.

Seperti yang dikutip dari GSM Arena pada Rabu (02/04/2014), update Windows Phone 8.1 ini akan tersedia untuk semua smartphone yang menggunakan sistem operasi Windows Phone 8. Update Windows Phone 8.1 akan dirilis mulai musim panas atau pertengahan tahun mendatang.