Karanganyar, WartaSolo.com – Kawasan wisata air terjun Grojogan Sewu, Karanganyar akan dirombak dan disulap agar menjadi tempat wisata yang eksotis. Hal ini telah dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar setelah Kementerian Kehutanan memberikan pengelolaan kawasan Grojogan pada Pemkab.

Persiapan yang dilakukan oleh Pemkab Karanganyar meliputi perencanaan pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana agar lebih baik dan lengkap. Tak hanya itu, Pemkab juga berjanji akan mengubah kawasan wisata Grojogan Sewu menjadi sebuah tujuan wisata yang eksotis dan memesona.


Rencana Pemkab Karanganyar untuk merombak kawasan wisata Grojogan Sewu yang berlokasi di Tawangmangu ini dibenarkan oleh Bupati Karanganyar, Juliyatmono. Pihaknya mengatakan bahwa Pemkab Karanganya akan menggandeng PT Duta Indonesia Jaya selaku pengelola obyek wisata tersebut.

Kerjasama yang dilakukan oleh Pemkab Karanganyar dengan PT Duta Indonesia Jaya ini untuk menghindari terjadinya polemik di lapangan ketika proses pembangunan dilakukan. Kerjasama ini juga akan membuat pembangunan tempat wisata air terjun Grojogan Sewu.

Tak hanya itu, Juliyatmono juga mengatakan bahwa Pemkab akan membeli tanah di sekitar kawasan wisata Grojogan Sewu untuk mendukung pengembangan obyek wisata tersebut dan akan menggabungkannya dengan obyek wisata lain di Gunung Lawu menjadi satu paket wisata.

Selain itu, pihak Pemkab juga akan memperbaiki infrastruktur di sekitar obyek wisata, termasuk perbaikan jalan untuk mempermudah akses ke Tawangmangu dan Kemuning.

“Di sekitar Grojogan Sewu masih ada tanah 10.000 meter Kalau bisa, tanah itu kami minta untuk lahan parkir. Ini terkait dengan aksesibilitas kendaraan, terutama bus. Tapi, kalau tidak bisa diminta, kami siap membeli.”

“Saya yakin, pengelolaan Grojogan Sewu ini akan menambah Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) yang mencapai miliaran rupiah per tahun. Dengan demikian, rakyat Karanganyar bisa menikmati hasil yang diperoleh dari Grojogan Sewu,” kata Bupati Karanganyar, Juliyatmono, seperti yang dilansir dari KR Jogja pada Rabu (02/04/2014).