WartaSolo.com – Agus Fatchur Rahman yang kini menjabat sebagai Bupati Sragen diperika oleh Panitia Pengawas Pemilu atau Panwaslu di kediamannya Jl. K.S. Tubun yang berada di belakang Kantor Pos Sragen pada Sabtu (29/3/2014) lalu.

Sang Bupati diperiksa oleh Panwaslu atas kapasitasnya sebagai Ketua DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Sragen dan sebagai penanggung jawab kampanye terbuka di Kecamatan Plupuh pada Jum’at (28/3/2014). Agus diperiksa kurang lebih selama 1 jam mulai pukul 11.00 sampai 12.00 WIB.


Pemeriksaan tersebut terkait indikasi pelanggaran pidana Pemilu dalam kampanye yang berlangsung di Plupuh beberapa hari lalu. Pelanggaran tersebut adalah keikutsertaan seorang perangkat Desa Gedongan, Plupuh yakni Robina Muslikah dalam kampanye terbuka tersebut.

Panwaslu Sragen mempunyai bukti bahwa Robinah ikut dalam terbuka di Plupuh dengan mengenakan jas Partai Golkar, Robinah mencoba mempengaruhi masa dengan mengenalkan caleg melalui banner. Robinah juga ikut berjoget bersama para kader.

Dalam Pasal 86 Undang-undang nomor 08 tahun 2012 mengatur tentang perangkat desa dilarang ikut berpartisipasi dalam kegiatan kampanye. Dalam kasus Robinah ini Panwaslu mengaku menemukan atau menjumpai sendiri dan bukan atas laporan dari pihak lain.