WartaSolo.com – Samsung akhirnya merilis tablet murah Galaxy Tab 3 Lite dengan dukungan jaringan 3G di Indonesia. Kehadiran Galaxy Tab 3 Lite adalah upaya Samsung untuk menggempur pasar tablet murah yang selama ini dikuasai oleh merek lokal. Samsung Galaxy Tab 3 Lite 3G ditawarkan dengan harga Rp 2,5 juta.

Penampilan tablet Galaxy Tab 3 Lite ini sangat mirip dengan Galaxy Tab 3 karena karena keduanya masih satu generasi. Samsung Galaxy Tab 3 Lite dibalut dengan casing berbahan plastik yang tersedia dalam empat warna menarik, yakni Blue Green, Cream White, Lemon Yellow, dan Peach Pink.



Spesifikasi tablet Galaxy Tab 3 Lite ini tak jauh berbeda dengan tablet Samsung Galaxy Tab 2, yakni dilenhkapi bentang layar sentuh 7 inci dengan resolusi 1024 x 600 piksel berteknologi TFT kapasitif dan menggunakan sistem operasi Android 4.2.2 Jelly Bean yang sudah mulai tertinggal.

Fitur Galaxy Tab 3 Lite varian 3G ini cukup lengkap, yakni WiFi, dukungan 3G HSPA, fungsi telepon dan SMS, Bluetooth, GPS, dan port microUSB. Tak hanya itu, Galaxy Tab 3 Lite ini juga dilengkapi dengan ruang simpan internal sebesar 8GB yang dapat diperluas melalui slot microSD.

Kinerja tablet Samsung Galaxy Tab 3 Lite cenderung biasa-biasa saja karena hanya ditenagai oleh prosesor dua-core berkecepatan 1,2GHz dari Marvell PXA986 yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 1GB. Kinerja dalam melahap game 3 dimensi juga standar karena hanya disokong grafis dari Vivante GC1000.

Tablet Samsung Galaxy Tab 3 Lite ini kamera dengan resolusi 2 megapiksel saja untuk membantu pengguna mengabadikan setiap momen. Samsung membekali Galaxy Tab 3 Lite dengan baterai berkapasitas standar untuk ukuran tablet, yakni 3600mAh.