WartaSolo.com – Baru-baru ini raksasa mesin pencari Google dikabarkan menggenjot promosi sistem operasi Android dengan nemapilkan logo bertuliskan “Powered by Android” di setiap smartphone dan tablet Android generasi baru. Belum diketahui apa maksud Google dengan menampilkan logo tersebut.

Banyak pihak yang tak sadar bahwa hampir semua smartphone Android generasi baru menampilkan logo bertuliskan Powered by Android saat ponsel dihidupkan. Logo Powered by Android ini diketahui tampil di smartphone Samsung Galaxy S5 dan HTC One 2014 yang baru saja diluncurkan.



Berdasarkan informasi dari situs Geek, tampilnya logo Powered by Android saat perangkat Android dihidupkan merupakan mandat dari Google. Raksasa pembesut sistem operasi robot hijau ini dikabarkan mewajibkan semua produsen smartphone dan tablet Android untuk menampilkan logo Powered by Android di jajaran produk barunya.

Geek juga menjelaskan alasan Google memaksa produsen untuk menampilkan logo Powered by Android ini di perangkat baru saat dihidupkan ini adalah dalam rangka membuat Android lebih populer dan familiar di kalangan pengguna yang masih awam. Pengguna yang berpengelaman tentu sudah mengetahui mana yang menggunakan Android, mana yang tidak.

Menurut Geek, Google memerintahkan produsen untuk menampilkan logo Powered by Android saat perangkat dihidupkan dan dianjurkan ukurannya tak kurang dari 40% dari lebar layar. Tak hanya itu, produsen kabarnya tidak diperbolehkan mengubah atau memodifikasi logo Powered by Android.

Seperti yang dikutip dari GSM Insider pada Jumat (28/03/2014), strategi Google untuk menampilkan logo Powered by Android ini sebenarnya tak akan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penjualan perangkat berbasis sistem operasi Android. Mungkin logo Powered by Android juga dimaksudkan sebagai identitas OS yang digunakan perangkat tersebut.