WartaSolo.com – Microsoft telah meluncurkan paket aplikasi Office andalannya untuk perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS. Aplikasi Microsoft Office ini telah tersedia di toko aplikasi iTunes App Store dan Google Play secara gratis, sehingga pengguna dapat menguduhnya secara cuma-cuma.

Aplikasi Microsoft Office untuk Android dan iOS ini menggunakan nama Microsoft Office Mobile yang didalamnya terdiri dari tiga aplikasi utama, yakni Microsoft Word untuk mengolah kata, Microsoft Excel untuk mengolah angka, dan yang terakhir adalah Microsoft PowerPoint untuk membuat presentasi.



Bagi pengguna smartphone iPhone dan Android, Microsoft Office Mobile dapat diunduh di toko aplikasi masing-masing secara cuma-cuma. Tak hanya itu, pengguna dapat membuat dokumen, mengedit dokumen, atau sekadar membaca dokumen.

Microsoft Office Mobile untuk iPhone dan Android ini menggunakan media penyimpanan berbasis awan atau yang sering disebut dengan cloud storage, yakni Microsoft OneDrive. Hal ini agak merepotkan karena pengguna tak dapat langsung menyimpan dokumen yang dibuatnya di Microsoft Office Mobile langsung di memori smartphone.

Sedangkan aplikasi Microsoft Office untuk tablet iPad juga dapat diunduh gratis di iTunes App Store, tetapi memiliki sejumlah batasan, yakni pengguna hanya dapat menggunakannya untuk membaca dan memperesentasikan dokumen saja. Bagi yang membutuhkan fungsi buat dokumen baru atau edit dokumen, pengguna iPad harus terlebih dahulu berlanggan Office 365.

Seperti yang dikutip dari Liliputing (27/03/2014), aplikasi Microsoft Office ini merupakan senjata Microsoft untuk bersaing dengan aplikasi serupa di Android dan iOS, sebut saja Google Docs dan Apple iWork. Sayangnya, aplikasi Microsoft Office ini belum tersedia untuk tablet Android.