Solo, WartaSolo.com – Mendekati haru raya Nyepi 2014 yang jatuh pada tanggal 3 Maret 2014, tiket kereta api atau KA telah habis terjual. Berdasarkan informasi yang telah dihimpun, tiket kereta api dari Solo ke Bandung, Surabaya, dan Jakarta telah habis pada hari ini (27/03/2014).

Tampaknya masyarakat umum benar-benar memanfaatkan libur hari raya Nyepi untuk mudik atau sekadar liburan dengan memanfaatkan moda transportasi kereta api. Hal ini membuat penjualan tiket kereta api melinjak drastis dan kini telah habis terjual.



Kabar mengenai habisnya tiket kereta dari Solo ke Jakarta, Bandungm dan Surabaya ini dibenarkan oleh Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta. Pihak PT KAI juga telah mengonfirmasi bahwa tiket kereta api di semua kelas, yakni ekonomi, eksekutif, dan bisnis untuk jarak jauh dan menengah mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Humas PT KAI juga mebgatakan bahwa load factor sejumlah kereta api telah mencapai 100% atau penuh dan beberapa jurusan lainnya mencapai 70% hingga 90%. Load factor kereta api yang penuh adalah jurusan Jakarta, Malang, dan Surabaya. Sedangkan jurusan lainnya mencapai 90%.

‚ÄúPemesanan tiket naik signifikan. Tiket beberapa KA tujuan Jakarta, Surabaya, dan Malang ludes menjelang Nyepi. Namun load factor KA tujuan Bandung masih di bawah 100%. Kami prediksi load factor KA tujuan Bandung meningkat menjelang Nyepi,” kata Bambang, selaku Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI/Yogyakarta.

Seperti yang dilansir dari Solopos pada Kamis (27/03/2014), sedangkan tarif kereta api untuk semua kelas bersifat dinamis atau mengikuti pasar, tak heran ada yang mengalami kenaikan atau penurunan harga.