WartaSolo.com – Raksasa mesin internet dan mesin pencari Google berencana akan membawa browser andalan mereka, Chrome ke sistem operasi Windows Phone besutan Microsoft. Browser Google Chrome tak lama lagi akan hadir dan dapat diunduh di Windows Phone Store.

Raksasa pembesut sistem operasi Android ini dikabarkan sedang mengembangkan browser Chrome untuk Windows Phone dengan antarmuka LiveTile atau Modern UI yang digunakan OS ponsel pintar buatan Microsoft tersebut. Informasi ini telah diungkapkan oleh Carlos Pizano yang merupakan salah seorang Google Engineer.


”Sekarang tim penggarap Chrome telah mulai mengembangkan Chrome versi modern UI untuk Windows 8, saya berharap bahwa sebagian besar kode (pada Chrome saat ini) dapat didaur ulang untuk membangun Chrome untuk WP8,” kata Carlos Pizano.

Saat ini Windows Phone merupakan sistem operasi yang menduduki posisi ketiga setelah Android dan Apple iOS di pasar smartphone. Meski pangsa pasarnya masih sangat sedikit, tetapi jumlah pengguna Windows Phone terus mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun.

Hal ini membuat Google terdorong untuk mendukung sistem operasi Windows Phone dengan mengembangkan browser Chrome di sistem operasi tersebut. Windows Phone sendiri secara default telah dilengkapi browser Internet Explorer untuk berselancar internet.

Seperti yang dilansir dari Detik pada Kamis (27/03/2014), sebenarnya permintaan agar Chrome mendukung sistem operasi Windows Phone telah ada sejak Oktober 2012 lalu dan baru sekarang ini mendapatkan respon atau tanggapan dari Google.

Sampai saat ini belum ada informasi yang jelas dari Google terkait kapan browser Chrome akan meluncur di Windows Phone 8. kemungkinan besar, kehadiran Chrome di Windows 8 tak akan lama lagi.