WartaSolo.com – Setelah sekian lama dinantikan, Google Now akhirnya hadir di browser Chrome untuk desktop yang meliputi sustem operasi Windows dan Mac OS X. Pengguna Android versi Jelly Bean ke atas tentu tak asing lagi dengan fitur Google Now yang memiliki banyak fungsi.

Lalu apa sebenarnya Google Now? Google Now adalah sebuah fitur yang memungkinkan pengguna mengakses informasi yang dibutuhkan dalam waktu cepat dengan basis kartu yang disebut dengan Google Now Card. Fitur Google Now ini pertama kali hadir di sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean.



Pengembangan Google Now untuk browser Chome di platform desktop sebenarnya telah dimulai sejak 2013 lalu dan beberapa kali telah muncul screenshotnya di internet. Pada Januari 2014, Google Now untuk browser Chrome di desktop telah mencapai versi beta dan sekarang telah resmi dirilis.

Google Now untuk Chrome desktop ini memungkinkan pengguna untuk mengakses informasi penting dengan cepat, sebut saja skor pertandingan, informasi kontekstual, lokasi pengguna, informasi cuaca, pengingat acara atau reminder, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, fitur Google Now di desktop ini juga memiliki fitur sinkronisasi dengan perangkat mobile lain yang tergubung dengan akun Google yang sama. Hal ini memungkinkan pengguna mengakses informasi secara instan di desktop sesuai dengan pengaturan yang ada di perangkat mobile.

Kehadiran fitur Google Now ini akan meningkatkan kemampuan dan daya tarik browser Chrome secara keseluruhan. Beberapa pengguna browser Chrome juga telah sejak lama menantikan kehadiran Google Now ini. Pihak Google mengatakan bahwa fitur dan card pada Google Now akan terus dikembangkan untuk memperluas fungsinya, seperti yang dilansir dari VR-Zone pada Senin (24/03/2014).