WartaSolo.com – Motorola telah secara rsmi memperkenalkan jam tangan pintar aatau yang sering disebut dengan smartwatch, yakni Moto 360. Kehadiran Moto 360 dari Motorola ini bersamaan dengan kemunculan sistem operasi baru khusus smartwatch dari Google, yakni Android Wear. Kabarnya, Moto 360 ini dibekali dengan kaca safir anti gores.

Jam tangan pintar Moto 360 buatan Motorola ini datang dengan desain yang unik karena mengusung layar yang berbentuk bulat dan sekilas terlihat seperti arloji klasik. Hal ini diyakini akan menjadi daya tarik utama jam tangan pintar Moto 360 dalam bersaing dengan kompetitornya.


Sampai saat ini memang tak diketahui pasti spesifikasi teknis dari jam tangan pintar Moto 360, beberapa sumber menyebutkan bahwa perangkat ini dilapisi kaca anti gores yang terbuat dari safir. Layar LCD yang digunakan oleh Motorola Moto 360 ini kemungkinan berteknologi OLED (Organic Light Emiting Diode).

Meski demikian, sumber lain ada yang meyakini bahwa Moto 360 ini akan mengusung layar berteknologi AMOLED seperti yang digunakan oleh jajaran produk kelas atas Motorola. Sedangkan sistem operasi Moto 360 ini sudah cukup jelas, yakni menggunakan Android Wear.

Sektor kinerja, jam tangan pintar Moto 360 ini kemungkinan besar ditopang oleh prosesor buatan Qualcomm Snapdragon, mengapa? Karena Qualcomm adalah salah satu mitra Google dalam mengembangkan sistem operasi Android Wear, sehingga kemungkinan Qualcomm telah menyiapkan prosesor untuk perangkat tersebut.

Namun, hal yang sampai saat ini masih misterius adalah kapasitas baterai dan metode isi ulang baterai pada Moto 360. Sejauh ini tak terlihat bahwa Moto 360 memiliki port microUSB untuk mengisi daya. Kemungkinan, Moto 360 telah menggunakan teknologi isi ulang baterai secara nirkabel.
Seperti yang dilansir dari Softpedia pada Minggu (22/03/2014), sampai saat ini tak diketahui kapan Motorola akan memasarkan jam tangan pintar Moto 360. Penggunaan sistem operasi Android Wear ini membuatnya akan bersaing langsung dengan jam tangan pintar LG G Watch.