WartaSolo.com – Flu Singapura atau HMFD (Hand, Mouth and Foot Disease) merupakan sebuah penyakit yang ditularkan oleh virus. HMFD merupakan sebuah penyakit menular , dimana biasanya menyerang anak – anak yang berusia 1-4 tahun. Namun tidak jarang juga bisa dialamai oleh anak yang lebih besar. Virus ini biasa menyebar saat musim kemarau.

Untuk para ibu sebaiknya selalu memantau kondisi anak untuk tetap selalu fit dan terjaga pola makannya sehingga tidak mudah terserang HMFD. Penularan virus ini bisa terhadi dimana saja, bisa dari udara (percikan air liur saat bersin atau bicara), sentuhan ( cairan dari bintil pada kulit), pencernaan (sisa urin atau feses yang menempelk pada tangan) serta benda yang telah terkontaminasi virus tersebut.



Jika anda melihat gejala – gejala seperti berikut, kemungkinan anak anda telah terserang virus Flu Singapura. Berikut gejala – gejala yang timbul pada anak jika terserang Flu Singapura :
1. Demam sedang (dibawah 39C) selama 2-3hari
2. timbul rasa sakit pada leher sehingga nafsu makan berkurang
3. muncul 3-10 bintil kecil dalam mulut serupa sariawan dan terasa nyeri
4. telapak tangan, kaki dan terkadang bokong muncul ruam kemerahan atau bintil kecil yang tidak gatal.

Nah, itulah gejala yang timbul jika anak terserang Flu Singapura. Jika hal ini terjadi cara merawatnya yakni dengan istirahat dalam jumlah yang cukup, memberi makann serta cairan dalam jumalh cukup dan tidak lupa multivitamin untuk meningkatkan imunitas tubuh anak. Pasien akan membaik dalam 7-10 hari, biasanya dokter akan memberikan antiseptic untuk daerah mulut, pereda nyeri dan deman serta obat antivirus.

Lebih baik mencegah kan daripada mengobati, biasakan anak untuk selalu mencuci tangan setiap dari kamar mandi, habis bermain, dan juga sebelum makan. Dimana penyakit ini akan mudah sekali menyerang anak – anak yang kondisinya sedang lemah. Jaga pola makan, untuk memenuhi asupan gizinya serta istirahat yang cukup untuk menjaga stamina.