Tahap Perkembangan Janin Tiap Bulan Lengkap

tahap perkembangan janin tiap bulan lengkap

Tahap Perkembangan Janin Tiap Bulan Lengkap. Menjadi seorang ibu dan sedang hamil mengetahui Tahapan perkembangan janin dari bulan ke bulan sering ingin diketahui para ibu hamil untuk memastikan keadaan janin yang dikandungnya tetap baik-baik saja. Bagi mereka yang memiliki budget lebih, tentu bisa melakukan pemeriksaan USG setiap bulan untuk dapat melihat bentuk dan perkembangan calon bayinya tersebut. Namun, bagi mereka yang merasa pemeriksaan USG tidak perlu dilakukan terlalu sering, mengetahui perkembangan janinnya dapat dilakukan dengan membayangkannya sesuai dengan perkembangan janin dari bulan ke bulan pada umumnya.

 Perkembangan Janin 1 Bulan

Tahapan perkembangan janin pada bulan pertama ialah dimulai dengan terbentuknya kantung kehamilan yang berfungsi untuk melindungi janin dari air ketuban. Pada bulan pertama ini, juga mulai terbentuk plasenta yang berfungsi menyalurkan makanan atau nutrisi dari tubuh ibu hamil ke janinnya. Selain itu, di bulan pertama ini juga sudah mulai terjadi sirkulasi darah dalam tubuh janin tersebut. Oleh karenanya, pada bulan kehamilan pertama ini, ibu disarankan memperbanyak konsumsi buah-buah, sayur dan makanan yang mengandung gizi tinggi yang baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan.

Perkembangan Janin 2 Bulan

Pada tahapan perkembangan janin pada bulan kedua, bayi sudah akan mulai berkembang dan wajahnya mulai terbentuk. Bakal telinga sudah mulai tampak sebagai lipatan pada bagian kanan dan kiri kepalanya. Seiring dengan berkembangnya organ tubuh tersebut, mulai tampak pula calon lengan, kaki, dan jari-jemarinya. Selain itu, sistem syaraf pusat atau otak, syaraf tulang belakang serta saluran pencernaan juga mulai terbentuk di usia kehamilan bulan ke-2 ini

Baca Juga: Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui.

Penyebab Janin Cacat Dalam Kandungan

Cara Menurunkan Berat Badan Janin Dalam Kandungan

Perkembangan Janin 3 Bulan

Perkembangan janin pada bulan ketiga ditunjukan dengan tahap hampir terbentuk sempurnanya semua bagian tubuh bayi. Tangannya akan mulai bisa mengepal, dan kuku-kukunya juga mulai dapat tumbuh. Meski belum terlihat dengan sempurna, jenis kelamin bayi di usia kehamilan ini juga sudah mulai terbentuk, oleh karenanya pemeriksaan USG (Ultrasound) pada bulan ketiga kurang tepat dilakukan jika tujuannya untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Perlu diketahui pula bahwa bagian dalam tubuh janin juga sudah mulai berkembang, sistem kemih dan organ reproduksi mulai terbentuk, sedang hati mulai memproduksi empedu.

Perkembangan Janin 4 Bulan

Tahapan perkembangan janin di usia kehamilan ini menunjukan keadaan yang sudah semakin lengkap. Bagian-bagian tubuh seperti tangan, kaki, jari, wajah sudah dapat dilihat dengan jelas, jantungnya sudah mulai berdetak oleh karenanya pemeriksaan USG sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan ini. Apabila ingin mendengarkan detak jantung janin dengan bantuan alat khusus, Anda dapat mulai mendengar detak jantungnya. Ia akan semakin aktif dan sering bergerak. Gerakan yang dilakukan janin di usia kehamilan ini misalnya menguap, mengisap jarinya, dan mengubah ekspresi wajah.

Perkembangan Janin 5 Bulan

Pada tahap perkembangan janin pada bulan kelima, gerakan janin akan terasa semakin kencang untuk melatih ototnya. Di bulan ini juga, kepala janin sudah mulai ditumbuhi rambut halus, begitupun denga tangan dan kakinya. Pada tahap perkembangan ini seluruh kulit bayi mulai tertutup oleh lapisan putih yang berfungsi untuk mencegah bayi terkena cairan ketuban secara langsung saat kelak ia dilahirkan.

Perkembangan Janin 6 Bulan

Pada perkembangan janin usia enam bulan, keriput pada kulit bayi mulai terbentuk. Pembuluh darah masih bisa terlihat karena kulit sangat tipis, terutama pada daerah sekitar perut. Pada bulan ini, bayi sudah dapat membuka dan menutup kelopak matanya, dan sudah dapat mendengarkan suara-suara dari luar perut. Oleh karenanya,guna merangsang kecerdasan janin sejak dalam kandungan ibu disarankan untuk memperdengarkan musik klasik pada janinnya menggunakan earphone.

Perkembangan Janin 7 Bulan

Janin sudah dapat merespon suara-suara yang didengarnya dari luar perut. Dia juga sudah dapat merasakan adanya cahaya. Pada usia kehamilan ini, pertumbuhan tubuh bayi Anda akan semakin pesat, tubuhnya semakin besar, dan Anda dapat merasakan ketika bayi berganti posisi. Di usia kehamilan ini, tubuh bayi sudah mulai menyimpan lemak. Pada usia ini bayi sudah bisa dirangsang dengan cahaya senter dari luar.

Perkembangan Janin 8 Bulan

Cadangan lemak dalam kulit kulit semakin banyak, sehingga kulit bayi tidak lagi tampak keriput. Pendengaran dan penglihatan bayi juga sudah dapat berfungsi dengan baik, begitupun dengan sistem dalam tubuhnya yang sebagian besar sudah dapat berfungsi, kecuali paru-paru. Otaknya juga semakin sempurna dan ia pun akan sering menendang-nendang. Gerakan bayi berkurang karena berat badan bayi yang bertambah dan ruang untuk bergerak berkurang.

Perkembangan Janin 9 Bulan

Perkembangan paru-paru semakin baik dan sudah dapat berfungsi. Tubuhnya akan memutar dengan posisi kepala berada di bawah menghadap jalan lahir. Di bulan ini, Anda akan semakin dekat dengan proses persalinan, sehingga siapkan mental dan fisik Anda. Seiring bertambahnya usia kehamilan posisi janin masuk ke panggul ibu ini berarti janin siap untuk dilahirkan.

Ulasan diatas merupakan tahap perkembangan janin mulai dari bulan permana hingga bulan kesembilan dan sang bayipun siap untuk menyambut dunia. Semoga ulasan diatas bermanfaat. [YuQe – WartaSolo.com]