WartaSolo.com – Raksasa jejaring sosial Facebook akhirnya membuka kantor di Indonesia untuk memperkuat bisnisnya di Tanah Air. Apa yang menjadi latar belakang Facebook untuk membuka kantor di Indonesia? Basis pengguna yang besar adalah salah satu faktor pendorong jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg ini membuka kantor di Indonesia.

Saat ini jumlah pengguna aktif Facebook di Indonesia telah mencapai 65 juta orang, ini merupakan angka yang cukup besar. Hal ini dipandang Facebook sebagai potensi untuk memperkuat bisnisnya di Tanah Air dengan membuka kantor di Indonesia.


Berdasarkan keterangan dari Dan Neary, Vice President Facebook untuk kawasan Asia pasific mengatakan bahwa hal yang akan digarap oleh jejaring sosial tersebut adalah segmen bisnis dengan tajuk Facebook for Businsess untuk menarik kalangan bisnis agar beriklan di jejaring sosial tersebut.

Dean Neary juga menambahkan bahwa selama ini sebagian besar pendapatan Facebook bersumber dari iklan. Namun, pihaknya tak ingin Facebook menjadi tak nyaman bagi pengguna karena dipenuhi iklan. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Facebook untuk menampilkan iklan tanpa mengganggu kenyamanan pengguna.

Salah satu kunci Facebook untuk membuat iklan yang tampil tidak mengganggu pengguna adalah menampilkan konten yang relevan bagi penggunannya. Konsep seperti ini sebenarnya telah diterapkan oleh Google melalui layanan iklan Adsense-nya.

“Ada yang berpendapat, penuhi saja layanan dengan iklan. Kami tidak ingin Facebook dipenuhi dengan iklan. Kami membuat sebuah konten relevan bagi penggunanya. Jadi mereka hanya akan melihat konten yang diinginkan. Facebook juga selalu menguji terlebih dahulu konten yang akan disajikan, untuk memastikan optimal di perangkat pengguna,” kata Dean Neary, seperti yang dilansir dari Detik pada Jumat (21/03/2014).