Klaten, WartaSolo.com – Hama patek dikabarkan telah menyerang tanaman cabai di wilayah Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. Serangan hama patek ini menyebabkan tanaman cabai mengering dan akhirnya mati. Akibat serangan hama patek ini, hasil panen cabai para petani mengalami penurunan secara signifikan.

Serangan hama patek yang terjadi di wilayah Kecamatan Jatinom ini juga diamini oleh Sokiran (45) yang merupakan salah satu petani yang berasal dari Desa Tibayan, Kecamatan Jatinom Klaten. Sokiran mengungkapkan bahwa serangan hama patek ini marak terjadi saat musim peralihan dari penghujan ke musim kemarau atau sebaliknya.


Hama patek sendiri adalah penyakit yang menyerang tanaman yang disebabkan oleh jamur. Ketika tanaman cabai terkena hama patek ini, maka tanaman akan mengering dan akhirnya mati. Hal ini jelas membuat hasil panen cabai para petani turun drastis.


Sokiran menambahkan bahwa biasanya dirinya dan para petani cabai lain menyemprotkan obat antihama yang berupa fungisida untuk mencegah serangan hama patek ini. Namun meski sudah disemprot, tanaman cabai petani masih terserang patek. Penyemprotan berkali-kali juga tidak memungkinkan karena harganya obatnya cukup mahal.

Untuk mengurangi dampak serangan hama patek, Sokiran mengatakan bahwa petani melakukan pemotongan dahan atau dahun yang terkena patek agar tidak semakin menyebar. Sokiran juga menbgatakan bahwa dampak serangan patek ini cukup hebat, yakni jika tanah seluas 500 meter dapat menghasilkan cabai sekitar 20 kologram, maka setelah terkena patek turun menjadi 5 kilogram saja.

“Tapi, meskipun sudah beberapa kali disemprot, hama patek masih menyerang tanaman cabai. Penyemprotan berkala tidak dapat dilakukan karena terkendala obat semprot yang mahal. Tanaman cabai yang sudah kena patek biasanya akan mati. Panen kali ini diperkirakan anjlok karena banyak tanaman cabai yang mati,” kata Sokiran, seperti yang dilansir dari Timlo pada Kamis (20/03/2014).

Cabai yang dihasilkan dari tanaman yang terkena hama patek ini juga kualitasnya rendah, sehingga harga jualnya pun turut anjlok.