WartaSolo.com – Raksasa perusahaan teknologi asal Cupertino dikabarkan telah menyiapkan smartphone iPhone 5C versi murah. Hal ini dilakukan menyusul jebloknya penjualan iPhone 5C di pasar smartphone global. Selain itu, Apple dikabarkan ingin menjangkau pasar yang lebih luas dengan iPhone 5C versi murah yang sedang dipersiapkan.

Seperti apa iPhone 5C versi murah yang telah disiapkan Apple? berdasarkan informasi dari akun misterius @Vizileaks, iPhone 5C versi murah ini sama seperti iPhone 5C yang ada di pasaran saat ini dengan kapasitas ruang simpan internal dipangkas menjadi 8GB saja. Informasi ini diperkuat dengan munculnya foto boks iPhone 5C 8GB di internet.



Berbekal memori internal yang yang lebih kecil, iPhone 5C 8GB diharapkan dapat dijual dengan harga yang lebih murah dan dapat dijangkau oleh konsumen kelas menengah. Selama ini iPhone 5C kurang diminati karena harga yang ditawarkan dinilai terlalu mahal untuk spesifikasi yang ditawarkan.

iPhone 5C 8GB ini mengusung desain dan penampilan fisik yang sama dengan iPhone 5C varian lainnya, yaitu menggunakan casing berbahan plastik dan tersedia dalam beberapa warna cerah. Sayangnya, sampai saat ini belum diketahui seberapa murah iPhone 5C varian 8GB tersebut.

Secara umum, spesifikasi teknis iPhone 5C ini tak jauh berbeda dengan iPhone 5 yang telah dirilis tahun 2012 lalu, yakni mengusung bentang layar sentuh 4 inci berteknologi IPS Retina Display dengan resolusi 1136 x 640 piksel yang menawarkan kerapatan layar mencapai 326 piksel per inci.

iPhone 5C juga dibekali dengan kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel yang telah disematkan fitur autofokus yang didukung oleh kamera depan dengan resolusi 1,2 megapiksel untuk keperluan foto selfie.

Kinerja iPhone 5C ini ditopang oleh prosesor dual-core Apple A6 berkecepatan 1,3GHz yang dikawinkan dengan pengolah grafis dari PowerVR SGX544MP3 yang mampu menghasilkan performa yang cepat dan dapat melahap pelbagai game kelas berat.

Seperti yang dilansir dari GSM Arena pada Senin (17/03/2014), kehadiran iPhone 5C 8GB sampai saat ini belu diketahui. Beberapa sumber mengatakan bahwa iPhone 5C versi murah tersebut hadir Maret 2014 ini.