WartaSolo.com – Siapa yang tak kenal Valentino Rossi, si pembalap juara Moto GP sembilan kali. Rossi tampaknya sangat memperhatikan dunia balap. Hal ini dilakukan dengan mengumumkan dibukanya VR46 Riders Academy, sekolah balap bagi para pembalap muda berbakat Italia. Kantor pusat sekolah balap berada di tempat kelahiran Rossi di Tavullia.

Dikutip dari Metrotvnews.com, saat ini enam orang tercatat sebagai murid sekolah balap Rossi diantaranya Franco Morbidelli, Luca Marini, Andrea Migno , Nicolò Bulega , Romano Fenati dan Pecco Bagnaia.


Luca Marini (adik kandung Valentino Rossi), Migno dan Bulega kini telah ikut di kejuaraan balap motor nasional Spanyol CEV (Campeonato Espagñol de Velocidad). Sementara Fenati dan Bagnaia merupakan bagian dari tim SKY Moto3 milik Rossi. Sedangkan Morbidelli akan turun di seri Moto2.


Keenam pembalap muda itu dilatih berbarengan, namun sang ‘Il Dottore’ telah menyiapkan lintasan khusus dan gym rutin untuk masing-masing peserta yang disesuaikan dengan fisik dan sikap psikologis yang berbeda.

Dalam menjalankan sekolahnya, Valentino dibantu oleh sebuah tim profesional yang juga menangani hubungan dengan tim motorsport, logistik, dukungan kontrak, pembinaan hingga urusan administrasi seluruh perusahaan.

Tidak dijelaskan apakah sekolah balap VR46 Riders Academy ini akan menerima pembalap muda dari negara lain selain Italia, namun diperkirakan, sekolah balap Rossi akan diserbu permintaan.

Terlebih dalam waktu dekat ini sepertinya keenam murid Rossi bakal meraih kemenangan pertamanya di masing-masing kejuaraan balap motor.

Sementara dari sisi lain, ada yang menganggap bahwa keterlibatan Rossi di Moto3 dan sekolah balap itu merupakan upayanya untuk menyiapkan diri agar tetap memiliki penghasilan setelah ia memasuki masa pensiun.