Sukoharjo, WartaSolo.com – Terminal Kartasura saat ini rawan menjadi tempat mangkal PSK (Pekerja Seks Komersial). Menurut informasi yang telah berhasil dihimpun dari pelbagai sumber, Terminal Kartasura ini sering disalahgunakan sebagai tempat transaksi PSK dan dikhawatirkan dapat menyebarkan virus HIV/AIDS.

Berdasarkan keterangan dari Bahtiyar Zunan selaku Camat Kartasura mengatakan bahwa Terminal Kartasura yang berlokasi di Desa Wirogunan ini sebelumnya memang sudah digunakan sebagai tempat mangkal PSK dan sering terjadi transaksi dengan lelaki hidung belang di lokasi tersebut. Hal inilah yang dikhawatirkan dapat menyebarkan virus HIV/AIDS.


Pemerintah Sukoharjo telah berupaya memberantas lokalisasi tersebut dengan membangun terminal bus sebagai pengganti Terminal Kartasura lama, tetapi hal tersebut ternyata tak banyak berpengaruh. Sebagian besar PSK diketahui masih sering terlihat mangkal di lokasi tersebut.

Langkah lain yang ditempuh adalah melakukan sosialisasi pada masyarakat umum yang ada di Terminal Kartasura yang dilakukan oleh Muspika Kecamatan Kartasura yang dibantu oleh DKK (Dinas kesehatan kabupaten) dan KPA (Komisi Penanggulangan Aids) Kabupaten Sukoharjo.

Sosialisasi ini berisi informasi pada masyarakat umum mengenai bahaya penyakit HIV/AIDS dan pengarahan dengan sasaran WPS (Wanita Pekerja Seks) dan LBT (Lelaki Berisiko Tinggi). Selain itu, sosialisasi ini juga meliputi penjelasan bagaimana virus HIV/AIDS menyebar. Selama ini sebagian masyarakat umum kurang mengetahui tentang gejala, penyebaran, dan bahaya penyakit HIV/AIDS.

Seperti yang dikutip dari KR Jogja pada Senin (17/03/2014), Zunan menambahkan bahwa melalui sosialisasi tersebut, masyarakat dapat mengetahui pencegahan penyebaran virus HIV/AIDS yang sampai saat ini belum ada obatnya.