WartaSolo.com – Persaingan leasing kini semakin terasa berat, dikarenakan banyak leasing – leasing yang menawarkan promo khusus. Dan salah satunya adalah ketentuan DP (Down Payment) untuk kendaraan bermotor. Ketentuan Dp sudah ditetapkan Bank Indonesia (BI) sebesar 30 persen. Namun kini banyak sekali leasing yang berani menawarkan DP murah atau jauh dibawah 30 persen untuk menarik para konsumen.

Seperti yang diungkapkan Wibowo, selaku Deputy Director BCA Finance, bahwa sekarang banyak sekali leasing yang menawarkan DP rendah. Karena leasing umumnya tidak dapat bersaing secara bunga. Maka leasing seperti itu akan mengupayakan segala cara agar dapat menarik konsumen sebanyak banyaknya. Dimana sebagian besar target mereka adalah mereka yang tidak dapat memberikan DP tinggi atau minimal 30 persen.



Dan tak dapat dipungkiri bahwa para leasing seperti itu memiliki segmentasi pasar yang berbeda, sehingga banyak kecurangan yang dilakukan. Seperti dalam perjanjian tertulis 30 persen, namun pada kenyataannya tidak seperti itu.

“Setahu saya seperti itu. Kalau kita (BCA Finance) tidak dan kita tetap dan harus menerapkan aturan DP minimal 30 persen dan kita masih perusahaan yang diperiksa oleh OJK, jadi dalam hal ini kita tidak main-main,” katanya.
Menurut Kristian Nugraha Yosef,selaku Marketing Development & Promotion Departement Head Adira Finance, bahwa peraturan bank dan leasing memang berbeda. Di Bank mobil penumpang minimal 25 persen, sedangkan komersial 30 persen dan sementara utuk leasing 5 persen di bawah bank.

“Tapi dioperation pasti ada pertimbangan risiko, jadi tidak mutlak ambil batas bawah semua,” ujar Kristian Nugraha.