WartaSolo.com – Kabar terbaru menyebutkan bahwa puluhan penerbangan terganggu di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padangpariaman, Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis (13/3/2014) akibat tebalnya kabut asap yang menyelimuti wilayah tersebut.

Seperti dikutip Warta Solo dari laman ANTARA News, Kamis (13/3/2014), Manajer Operasional PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau, Joko Sudarmanto mengungkapkan bahwa sejak pagi jarak pandang hanya berksiar 700 meter dan menjelang siang membaik menjadi 900 meter sehingga sejumlah maskapai mengalami pembatalan dan penundaan penerbangan.


Menurut Joko, enam penerbangan reguler Garuda Indonesia dan empat penerbangan Citilink dibatalkan oleh maskapai tersebut akibat tebalnya kabut asap, sehingga dikhawatirkan membahayakan keselamatan.

Bahkan, dari 10 penerbangan Lion Air baru dua penerbangan yang dapat beroperasi untuk tujuan Jakarta, dan Medan-Padang-Batam. Selain itu, maskapai Sriwijaya juga mengalami penundaan dan dua penerbangan Air Asia sempat tertunda sekitar beberapa jam, kata dia.

Rencananya, Garuda Indonesia akan menyiapkan dua penerbangan menggunakan pesawat berbadan besar Airbus dari Jakarta, guna mengantisipasi penumpukan penumpang

Dari dua jadwal tersebut yaitu pukul 10.00 WIB dan pukul 16.00 WIB diperoleh informasi baru satu pesawat yang akan berangkat. Sedangkan pesawat yang sudah berangkat ada empat yaitu Express Air tujuan Bandung, Air Asia tujuan Malaysia, Sriwijaya tujuan Jakarta, dan Lion Air tujuan Medan-Batam

Disisi lain, akibat ditutupnya Bandara Sultan Syarif Kasim Pekanbaru sejumlah pihak memilih terbang dari Bandara Internasional Minangkabau. Hal ini semakin menambah terjadinya penumpukan penumpang karena pesawat udara yang melalui BIM juga mengalami penundaan dan pembatalan, kata dia.

Bahkan, salah seorang calon penumpang tujuan Jakarta akhirnya batal berangkat menggunakan pesawat Citilink. Ia akan berangkat ke Jakarta bersama tiga rekannya menggunakan Citilink pukul 10.00 WIB, namun satu jam sebelum keberangkatan ada informasi penundaan keberangkatan hingga batas waktu yang belum jelas.

Menurutnya, setelah menunggu hingga pukul 12.00 WIB ada informasi pembatalan semua penerbangan Citilink dan penumpang dapat menukarkan kembali tiket yang dimiliki.