WartaSolo.com – Museum Radya Pustaka merupakan salah satu museum yang terletak di Surakarta. Museum ini didirikan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV di dalem Kepatihan pada 28 Oktober 1890 di masa pemerintahan Pakubuwono IX. Jika sebagian besar sebuah musem itu dibawah naungan pemerintah baik itu Dinas Purbakala ataupun Dinas Pariwisata Pemerintahan Daerah, Namun museum ini merupakan sebuah yayasan. Yakni yayasan Paheman Radyapustaka Surakarta yang sudah dibentuk di tahun 1951.

museum radya pustaka
Banyak sekali koleksi yang terdapat pada Museum ini. Di halaman depan kita akan disambut sebuah patung dada R.Ng. Rangga Warsita yang merupakan seorang pujangga keraton Surakarta. Dimana patung ini diresmikan oleh presiden Soekarno pada tahun 1953 dimana terdapat prasasti aksara jawa dibagian depan dan belakang patung ini.


Pada Museum ini Terdapat berbagai macam arca, pusaka adat, wayang kulit, dan juga buku – buku kuno. Dan salah satu dari buku kuno yang sering dicari yakni Wulang Reh yang merupakan karangan Pakubuwono IV. Dimana buku ini bercerita tentang petunjuk pemerintahan dan serat Rama karangan seorang pujangga Keraton Surakarta yakni Yasadipura.

Canthik-Perahu-Rajamala-dipajang-di-Museum-Radya-Pustaka-Solo

Muesum-Radya-Pustaka solo

radya pustaka solo

Dan pada tahun 2007 tepatnya tanggal 18 November, ada berita menggemparkan yakni Kepala Museum Radya Pustaka, KRH Darmodipuro (Mbah Hadi) ditahan polisi terkait lima arca buatan abad ke-4 dan 9 museum yang hilang. Dan ternyata kelima arca tersebut dijual dengan harga Rp. 80-270jt per arca. Setelah dilakukan penyelidikan ternyata arca tersebut dijual ke seorang pengusaha bernama Hashim Djojohadikusumo yang tak lain merupakan adik dari Prabowo Subianto.

Satu lagi peninggalan sejarah yang terdapat pada Museum ini yakni Kyai Rajamala sebuah Patung kepala raksasa yang terbuat dari kayu hasil karya Pakubuwono V ketika beliau masih menjadi seorang putra mahkota. Dan sampai saat ini patung ini masih dianggap sebagai patung keramat dan juga masih sering diberi sesajian.

Museum Radya Pustaka
Alamat : Jalan Slamet Riyadi No. 275, Surakarta