WartaSolo.com – Kementerian Pertahanan Polandia, Minggu (9/3/2014) menyebutkan bahwa Amerika Serikat (AS) mengirim selusin jet tempur F-16 ke Polandia sebagai bagian dari latihan, di tengah meningkatnya ketegangan antara Ukraina dan Rusia.

Selain itu, sejumlah tiga ratus prajurit AS juga akan dikirim ke Polandia untuk latihan tersebut. Penempatan itu akan diselesaikan pada Kamis mendatang.


Dikutip WartaSolo dari laman ANRARA News, Senin (10/3/204), sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel dan Menhan Polandia Tomasz Siemoniak menyetujui penempatan tersebut selama pembicaraan telefon, kata kementerian Polandia itu dalam sebuah pernyataan.

Kepada AFP, juru bicara kementerian pertahanan Jacek Sonta menyebutkan bahwa satuan itu akan terdiri dari 12 pesawat F-16 dan akan mengangkut 300 prajurit. Jet-jet tempur itu dikirim setelah permintaan dari Polandia.

Sonta menambahkan jika latihan tersebut semula direncanakan lebih kecil namun kemudian ditingkatkan dan dimajukan karena “situasi politik tegang” di Ukraina.

Adapun penempatan di Polandia itu sendiri dilakukan setelah Washington mengumumkan bahwa mereka juga mengirim empat pesawat F-15 ke Lithuania untuk memperkuat pengawasan di wilayah udara sekitar kawasan Baltik.

Menurut Kementerian Pertahanan Lithuania, penempatan itu dilakukan sebagai tanggapan atas “agresi Rusia di Ukraina dan kegiatan militer yang meningkat di Kaliningrad,” wilayah kantung Rusia yang berbatasan dengan Polandia dan Lithuania.

Polandia sendiri memiliki 48 jet tempur F-16, sementara negara-negara Baltik tidak memiliki cukup sumber daya udara dan mengharapkan perlindungan NATO untuk wilayah udara mereka.