WartaSolo.com – Sony baru-baru ini mengungkapkan bahwa kinerja prosesor konsol game terbarunya, PlayStation 4 yang akrab disebut PS4 memiliki kinerja prosesor 43x lebih cepat jika dibandingkan konsol lawas PS2. Melalui laman Google+ resminya, Sony juga mengungkapkan bahwa kinerja PS4 ini juga lebih cepat jika dibandingkan dengan kompetitor terdekatnya, yakni Xbox One.

Sony menggunakan prosesor AMD APU (Accelerated Processing Unit) yang telah didesain khusus untuk digunakan pada konsol game. Spesifikasi prosesor APU yang digunakan oleh konsol PS4 sendiri cukup gahar, yakni menggunakan prosesor AMD Jaguar 8-core atau octa-core berkecepatan 1,6GHz.


Meski Sony hanya menyebutkan bahwa prosesor yang digunakan PS4 ini berlari pada kecepatan 1,6GHz, tetapi saat pengujian dilakukan, prosesor tersebut dapat berjalan hingga kecepatan 2GHz. AMD Jaguar sendiri sebenarnya memiliki kecepatan maksimum hingga 2,75GHz.


AMD Jaguar sendiri adalah prosesor yang diintegrasikan pada APU yang biasa digunakan pada notebook hemat energi. APU yang tersemat pada konsol PS4 memiliki 8 ini pemroses atau octa-core yang mampu menangani multitasking yang sangat baik dan hemat konsumsi daya.

Tak hanya itu, Sony juga membekali PS4 dengan pengolah grafis terintegrasi dengan APU yang cukup powerfull. Kinerja grafis dari konsol PS4 diklaim jauh lebih gahar jika dibandingkan dengan konsol PS3 yang sampai saat ini masih dijual dan didukung oleh produsen asal Jepang tersebut.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan oleh Sony, konsol PS4 mampu menghasilkan kecepatan yang memuaskan, yakni 43x lebih cepat dibandingkan dengan PS2. Bahkan, PS4 dengan mudah mengalahkan kinerja Xbox One besutan Microsoft yang notabene kompetitor terdekatnya.

Seperti yang dilansir dari VR-Zone pada Sabtu (08/03/2014), penjualan konsol game Sony PS4 sejauh ini juga cukup memuaskan dan bersaing ketat dengan Xbox One.