Klaten, WartaSolo.com – Jalan yang menjadi jalur utama warga Klaten yang berada di dekat gunung Merapi mengalami kerusakan parah yang merata. Truk pengangkut pasir dengan beban berlebihan menjadi faktor utama penyebab kerusajan jalur evakuasi yang berlokasi di Kemalang, Klaten.

Kerusakan yang terjadi di jalan utama yang menjadi jalur evakuasi gunung Merapi di Kemalang, Klaten mengalami kerusakan yang cukup parah dan cukup merata di sepanjang jalan. Kerusakan jalan ini terjadi mulai Pasar Kembang yang berlokasi di Desa Kemalang hingga Desa Sidorejo yang masuk wilayah Kecamatan Kemalang.


Tingkat kerusakan jalan yang menjadi jalur evakuasi ini sudah sangan memprihatinkan dan harus segera mendapatkan penanganan. Berdasarkan pantauan, kerusakan yang terjadi di jalan tersebut meliputi aspal yang mengelupas, jalan berlubang, dan jebolnya gorong-gorong.

Sebuah lubang yang paling besar memiliki diameter hingga 1 meter berada di tengah jalan dinilai sangat berbahaya bagi pengendara sepeda motor. Lubang besar tersebut berada di wilayah Desa Kendalsari, Kecamatan Kemalang, Klaten.


Menurut keterangan warga sekitar, kerusakan yang terjadi di jalan-jalan tersebut diakibatkan oleh banyaknya truk pengangkut pasir dengan beban berlebihan. Hal ini membuat jalan tak kuat menahan beban, sehingga timbul pelbagai kerusakan, seperti aspal mengelupas dan jalan berlubang.

Kerusakan jalan yang terjadi di jalur evakuasi ini juga menyebabkan sering terjadinya kecelakaan di jalur tersebut pada malam hari karena lubang jalan tak terlihat jelas. Hal ini diperparah ketika hujan deras dan membuat jalan tertutup air.

‚ÄúSelain jebolnya gorong-gorong, kerusakan jalan juga hampir merata. Bahkan beberapa ruas jalan lapisan aspalnya sudah mengelupas. Sehingga banyak kecelakaan terutama saat malam hari,” kata Jumadi (45), salah seorang warga sekitar, seperti yang dikutip dari KR Jogja pada Sabtu (08/03/2014).

Bupati Klaten, Sunarna, mengaku telah mengetahui hal ini dan telah melakukan pengecekan di lapangan. Pihaknya saat ini sedang mengupayakan perbaikan jalan di jalur evakuasi gunung Merapi tersebut.