WartaSolo.com – Nokia bergerak cepat setelah memperkenalkannya di ajang Mobile World Congress 2014 yang digelar Februari lalu, kini mulai memasarkan smartphone Nokia X dengan sistem operasi Android di Malaysia sengan harga yang tak jauh berbeda dengan perkiraan sebelumnya, yakni $120 atau Rp 1,4 juta.

Meski sukses menarik perhatian dunia, tetapi sebenarnya Nokia X ini tidak dibekali dengan spesifikasi yang istimewa. Hal ini wajar karena Nokia X ini membidik pasar entry-level di negara-negara berkembang. Hal yang membuat Nokia X ini menarik adalah penggunaan sistem operasi Android AOSP yang diklaim mampu menjalankan 75% aplikasi Android.


Nokia X dibekali dengan bentang layar sentuh 4 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel dengan kepadatan layar mencapai 233 piksel per inci berteknologi TFT LCD. Spesifikasi layar Nokia X ini cukup standar di kelasnya.

Pabrikan asal Finlandia yang kini telah dibeli oleh Microsoft ini menyematkan kamera dengan resolusi 3 megapiksel yang menghadap ke belakang pada Nokia X. Sayangnya, Nokia X tidak disertai dengan kamera depan untuk mengakomodasi aktivitas video chat atau video call.

Smartphone Nokia X ini dibekali dengan ruang simpan internal berkapasitas 4GB yang dapat diperluas hingga maksimal 32GB berkat hadirnya slot microSD. Tak hanya itu, Nokia X juga didukung fitur standar smartphone, yakni hadirnya Bluetooth, WiFi, 3G HSPA, dan dual SIM.

Mengenai kinerja, Nokia X Android ini merupakan salah satu yang terbaik di kelasnya berkat sokongan prosesor dual-core berkecepatan 1GHz yang dikawinkan dengan memori RAM sebesar 512MB. Kinerja grafis Nokia X juga cukup tinggi berkat dukungan pengolah grafis dari Adreno.

Seperti yang dikutip dari GSM Arena pada Rabu (05/03/2014), Nokia X ini hadir dengan desain yang mirip dengan jajaran smartphone Lumia yang dibalut dengan casing plastik dengan beberapa varian warna, yakni hijau, merah, kuning, putih, biru, dan hitam. Sayangnya, belum ada informasi mengenai rilis Nokia X di Indonesia.