Wonogiri, WartaSolo.com – Kabupaten Wonogiri telah menghasilkan 31.805 kuintal buah durian pertahun. Hal ini tentu saja sebuah prestasi yang membanggakan bagi Kabupaten Wonogiri. Durian sendiri adalah salah satu buah favorit masyarakat yang memiliki kulit dan bau yang tajam.

berdasarkan keterangan dari Ir Safuan, Kepala Dinas PTPH, Kabupaten Wonogiri ini memiliki banyak populasi durian. Jumlah populasi durian di Kabupaten ini mencapai 114.704 dan yang produktif mencapai 61503 batang. Tanaman durian tersebut menggunakan lahan dengan luas mencapai 61 hektar. Tak heran, Kabupaten Wonogiri mampu membukukan produksi durian hingga lebih dari 31.000 kuintal.


“Dalam setahun bisa menghasilkan 31.805 kuintal,” kata Ir Safuan.

Tak hanya menghasilkan lebih dari 31.000 kuintal durian, Pemkab Wonogiri pertama kalinya mengadakan lomba durian lokal unggulan yang diikuti oleh sekitar 57 petani durian di wilayah Kabupaten Wonogiri. Acara lomba durian unggulan ini digelar di Dinas PTPH (Pertanian Tanaman dan Hortikultura) Kabupaten Wonogiri.

Acara lomba durian lokal unggulan ini bertujuan untuk memperkenalkan durian lokal pada masyarakat Wonogiri. Tak hanya itu, lomba durian unggul ini juga bertujuan untuk membangun brand durian Wonogiri di mata Nasional, bahkan Internasional.

Mengingat tujuannya untuk mengangkat brand durian asal Wonogiri, maka yang menjadi salah satu syarat di lomba durian ini adalah buah durian yang dilombakan harus berasal dari tanaman yang berlokasi di desa atau kecamatan di Wonogiri. Tak hanya itu, buah yang dilombakan juga bukan durian unggul nasional, seperti yang dikutip dari KR Jogja pada Rabu (05/03/2014).

“Jadi kalau ada durian bagus di Wonogiri tidak akan lagi disebut Durian Bangkok karena kita memiliki Durian khas asli Wonogiri,” kata Bupati Wonogiri, H. Danar Rahmanto