Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan. Penyebab Munculnya Jerawat dan Cara Mengatasinya. Sebagai bentuk antisipasi kita wajib tahu penyebab munculnya jerawat.  Jerawat atau dalam bahasa medisnya disebut acne vulgaris yang merupakan masalah klasik kulit wajah (dahi, hidung, dan pipi) meskipun terkadang dapat bisa ditemukan di leher dan bahu dada atau punggung. Jerawat memang telah menjadi masalah umum bagi remaja bahkan orang tua yang dirasa sangat mengganggu dan menurunkan percaya diri.

Sebab-Sebab Munculnya Jerawat


  1. Produksi Minyak Berlebih

Jerawat tidak selamanya muncul karena kita kurang menjaga kebersihan wajah, namun juga dapat dipengaruhi faktor internal atau dari dalam tubuh. Jerawat terjadi karena kondisi kulit abnormal yang diakibatkan gangguan dari kelebihan produksi kelenjar minyak (Sebaceus Gland) sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan pada saluran folikel pori-pori dan rambut di kulit. Sebab terjadinya jerawat yang paling umum adalah tumpukan minyak, hormon, atau bisa juga sabun yang berkolaborasi dengan bakteri pada kulit wajah.

  1. Bakteri

Bakteri merupakan salah satu penyebab jerawat yang paling serius. Bakteri yang disebut p. acne biasanya ada pada kulit dan cenderung untuk terus berkembang biak dalam kelenjar sebaceos yang mengalami penyumbatan sehingga menimbulkan iritasi didaerah sekitarnya. Kelenjar tersebut dapat pecah ketika proses pembengkakan membesar yang mengakibatkan peradangan pada kulit disekitarnya dan menimbukan rasa sakit pada wajah. Inilah salah satu sebab timbulnya jerawat batu yaitu jenis jerawat yang membesar dan terasa sakit dan ketika sembuh bisa mengakibatkan lubang-lubang seperti bekas luka cacar.

Penyebab Jerawat dan Cara Menghilangkan

  1.  Sel-Sel Kulit Mati

Pada umumnya jerawat terjadi karena semakin banyaknya produksi hormon androgen sehingga mengakibatkan kelebihan kelenjar minyak. Akhirnya jerawat mulai muncul karena bakteri bercampur dengan sel-sel kulit mati. Penyumbatan yang terbentuk karena sel-sel kulit mati tersebut bercampur juga dengan sabun hingga campuran tersebut menebal sehingga menimbulkan bintik hitam atau putih pada wajah. Jerawat pada umumnya memang menyerang muka, namun jerawat juga bisa menyerang bagian tubuh lainnya seperti punggung, lengan atas, dada bahkan kulit kepala.

Macam-macam Penyebab Jerawat Membandel

  1. Faktor Hormon

Hormon menjadi penyebab terbesar munculnya jerawat pada wajah apalagi pada usia remaja. Jerawat pada umumnya mulai muncul pada usia 10 hingga mencapai 15 tahun yang kemudian akan mulai menghilang ketika menginjak usia 25 tahun, tetapi juga sebagian besar orang juga ada yang sampai usia 40 hingga 50 tahun dengan prosentase sekitar 7%. Umumnya wanita memiliki resiko yang tinggi terkena jerawat pada 2-7 hari sebelum menstruasi, pasien memakai obat-obat jenis tertentu seperti steroid, kortison, estrogen, testosteron dan feniton serta pada wanita yang sedang hamil.

  1. Kurang Menjaga Kebersihan Rambut

Apa hubungannya jerawat diwajah dengan rambut? Ternyata rambut memiliki peran penting dalam menyebabkan timbulnya jerawat oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kebersihan rambut tersebut. Seseorang yang kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang keramas misalnya, ketika kulit kepala memproduksi minyak secara berlebih maka minyak tersebut akan mengalir ke wajah atau bisa juga mengalir melalui rambut. Sehingga ketika minyak tersebut bercampur dengan debu, kotoran atau bakteri yang akhirnya dapat mengakibatkan penyumbatan pada pori-pori wajah dan munculah jerawat. Itulah mengapa terkadang jerawat bisa sangat membandel dan sulit dihilangkan meski melakukan penanganan dengan benar.

  1. hindari konsumsi Minuman Bersoda

Meminum minuman bersoda juga memiliki efek buruk pada tubuh manusia salah satunya bisa memicu timbulnya jerawat. Minuman bersoda dapat menciptakan inflamasi pada tubuh manusia, karena didalam soda terdapat aspartame salah satu zat yang dapat menimbulkan dan meningkatkan jerawat. Soda juga dapat menurunkan PH yang dapat menyebabkan jerawat yang cukup membandel dan sulit diatasi.


  1. Adanya Friksi atau Tekanan pada Kulit

Jerawat juga bisa dipicu oleh tekanan pada kulit seperti helm, kerah baju, ponsel, dan berbagai macam benda lainnya yang tanpa kita sadari hal tersebut dapat menimbulkan jerawat. Selain dari tekanan pada kulit bakteri atau benda-benda yang menempel tadi jika tidak bersih merupakan pemicu utamanya.

  1. Alergi Makanan dan Minuman

Penyebab jerawat yang lain adalah dari alergi terhadap makanan dan minuman tertentu seperti contohnya makanan laut, susu dan lain sebagainya. Makanan-makanan lain yang juga dapat memicu terjadinya jerawat adalah makanan yang memiliki jumalha Vitaman A yang tinggi, Vitamin E yang rendah serta terlalu banyak mengandung Karbohidrat.

Nah demikianlah beberapa faktor-faktor penyebab munculnya jerawat pada wajah, dada, punggung atau bagian-bagian lainnya. Adapun cara menghilangkan jerawat secara alam yaitu dengan menggunakan bahan-bahan disekitar kita diantaranya:

  1. Dengan kulit pisang

Pertama perhatikan terlebih dulu apakah jerawat anda sudah meradang atau belum. Kalau belum meradang anda dapat menggosokan kulit pisang bagian dalam atau yang berwarna putih langsung pada wajah secara perlahan dan menyeluruh.

 

Apabila jerawat sudah meradang, anda bisa menghancurkan kulit pisang terlebih dulu, setelah itu tambahkan dengan 1 sendok teh madu. Setelah tercampur rata lalu jadikan sebagai masker wajah.

  1. Air mawar dan bubuk cendana

Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok makan air mawar dengan 2 sendok makan bubuk kayu cendana. Setelah tercampur rata lalu oleskan campuran kedua bahan alami tersebut pada wajah anda. Diamkan selama 20-25 menit kemudian bilas dengan air hangat. Anda dapat menerapkan cara ini 3 hari sekali.

  1. Bawang putih

Caranya sangat mudah, yakni dengan menghaluskan bawang putih secukupnya, setelah itu oleskan pada bagian kulit yang terdapat jerawatnya. Setelah dioleskan lalu diamkan selama 10 menit dan bilas dengan air bersih.

  1. Telur

Pisahkan terlebih dulu kuning telur dan putih telur. Setelah itu ambil putih telurnya dan oleskan pada wajah anda. Diamkan selama 15 menit barulah bilas wajah anda dengan air. Selain menghilangkan jerawat putih telur juga dapat mengencangkan kulit wajah.

  1. Lidah buaya

Pilih lidah buaya yang masih segar lalu kupas kulitnya dan ambil gel nya. Setelah itu oleskan gel lidah buaya tersebut pada bagian jerawat, tunggu beberapa saat lalu bersihkan. Anda dapat menerapkan cara ini setiap pagi dan sore hari.

  1. Tomat

Irisan tomat ternyata dapat menghilangkan jerawat, caranya cukup dengan mengiris tomat dengan ukuran tipis lalu tempelkan irisan tersebut pada jerawat dikulit anda. Tempelkan selama 20-30 menit lalu bersihkan wajah anda dengan air.

  1. Jeruk nipis dan madu

Siapkan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis dan 1 sendok teh madu. Campurkan kedua bahan tersebut sampai tercampur rata, setelah itu oleskan pada bagian jerawat atau keseluruh wajah. Setelah dioleskan lalu diamkan selama 30 menit atau sampai mengering. Langkah terakhir yakni dengan membilas wajah dengan air.

  1. Dengan madu

Caranya cukup mudah, anda tinggal mengoleskan madu keseluruh permukaan wajah dengan menggunakan tangan. Setelah itu diamkan selama 30 menit lalu bersihkan wajah dengan air hangat. Terapkan secara rutin 2 kali sehari agar jerawat cepat hilang. Selain itu madu juga berkhasiat membuat wajah menjadi berseri

  1. Menggunakan pasta gigi

Sebelum menerapkannya siapkan terlebih dulu pasta gigi yang berbentuk pasta (contohnya pepsodent), jangan menggunakan pasta gigi yang berbentuk gel (contohnya close up). Caranya yakni oleskan pasta gigi pada bagian jerawat, terapkan cara ini pada malam hari ketika hendak tidur dan biarkan sampai pagi hari. Saat pagi hari hilangkan pasta gigi tersebut dari wajah anda dengan air.

Pastikan wajah dalam keadaan bersih (membasuh terlebih dahulu) sebelum mengaplikasikan salah satu dari artikel diatas. Selamat mencoba. [Yuni – WartaSolo.com]