Penyakit Pada Kulit Dompo atau Herpes dan cara Pengobatannya – Herpes Zoster(HZ)/Dompo adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Varisela Zoster yang menyerang kulit dan mukosa, infeksi ini merupakan reaktivasi virus yang terjadi setelah infeksi primer. Artinya setiap orang yang pernah mengalami infeksi Varisela Zoster atau yang lebih dikenal sebagai penyakit cacar air, mempunyai kemungkinan untuk mengalami HZ (harap diingat bahwa infeksi primerVarisela Zoster ini dapat muncul dengan gejala minimal yang seperti Flu biasa). Setelah infeksi primer, virus ini akan berdiam di ganglion posterior susunan syaraf tepi dan ganglion kranialis. Pada

Keadaan-keadaan tertentu dapat terjadi reaktivasi virus yang menyebabkan penyakit HZ. Keadaan tersebut adalah turunnya daya tahan tubuh seseorang. Pada keadaan yang lain, dimana terjadidefisiensi imunitas, maka penyakit HZ yang terjadi dapat disertai komplikasi, misalnya pada orang tua, infeksi HIV, penggunaan terapi kortikosteroid jangka panjang, sedang menjalani kemoterapi ataupun pada pasien dengan keganasan.


Penyakit kulit dompo pada umumnya bisa sembuh dalam beberapa pekan dan jarang kambuh kembali. Namun penyakit itu sebaiknya segera ditangani paling tidak tiga hari sejak munculnya kelainan kulit. Dompo kalau di dalam bahasa pengobatan medis disebut dengan herpes. Penyakit heres ditandai kulit seperti luka bakar merah dengan bentuk bintik-bintik berair.selain itubadan terasa meriang. Dan rasa panas pada bagian luka Apabila herpes pada tahap tersebut sebenarnya mudah untuk disembuhkan kita bisa menggunakan getah dari lidah buaya bisa disembuhkan.


Penyakit Pada Kulit Dompo atau Herpes dan cara Pengobatannya

Tanaman atau tumbuhan lidah buaya yang sudah dikenal khasiatnya sebagai obat alami untuk menumbuhkan, menebalkan, menghitamkan dan melebatkan rambut. Tetapi ternyata juga bisa dijadikan sebagai obat tradisional alternatif penyakit kulit dompo. Tapi ketika menerapkan dengan cara ini, janganlah terlalu keras saat anda mengoleskannya karena bisa mengakibatkan pecahnya bisul atau bintik kecil yang berisi cairan di dalamnya. Wabah penyakit bintik-bintik akan menjadikan area kulit yang terkena atau terinfeksi virus pembawa penyakit herpes atau dompo akan menjadi semakin luas jangkauannya. Daun sirih dan kapur sirih dikenal memiliki banyak manfaat, daun sirih dan kapur sirih ternyata juga bisa digunakan untuk mengobati herpes caranya tumbuk daun sirih dan kapur sirih bersamaan kemudian tempelkan tumbukan tersebut keluka.

Tapi apabila penyakit herpes semakin bertambah banyak kita bisa memberi bedak salicil atau krim yang mengandung kloramfenikol sertata selalu jaga kebersihan kulit. Dikarenakan penyakit herpes mudah menular, penularannya dari air yang ada dalam lukanya maka untuk menyendirikan peralatan mandinya. Agar penyakit herpes tidak menular ke orang lain. Apabila herpes tidak kunjung sembuh juga alangkah baiknya kita mengkonsultasikannya ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Demikian ulasan tentang penyakit herpes semoga bermanfaat bagi yang membaca.  [Yuni – WartaSolo.com]