Panas Dalam Dan Cara Mengatasinya. Panas dalam adalah suatu keadaan dimana tubuh manusia mengalami panas yang berlebihan terutama di sistem pencernaan. Panas dalam disebabkan oleh konsumsi makanan yang berlemak dan yang banyak mengandung minyak. Banyak sekali masyarakat awam yang menganggap panas dalam merupakan sebuah penyakit, padahal tidak demikian. Menurut para ahli, panas dalam merupakan tanda dari respon tubuh yang mengalami gangguan. Ini berarti panas dalam termasuk kedalam gejala sebuah penyakit yang akan muncul.

Sebenarnya cara mengobati panas dalam itu sangatlah mudah sekali. Anda tak perlu membeli obat panas dalam ke apotek ataupun melakukan perawatan medis dengan biaya mahal. Lebih baik menggunakan obat alami dan tanpa efek samping. Beberapa obat alami panas untuk menyembuhkan panas dalam diantaranya



  1. Minum Air Kelapa Hijau

Kelapa Hijau mengandung  senyawa elektrolit yang cukup tinggi yang bermanfaat untuk tubuh, selain itu air kelapa muda juga bisa mengobati panas dalam dan mengembalikan ion tubuh yang hilang.

Panas Dalam Dan Cara MengatasinyaPanas Dalam Dan Cara Mengatasinya

  1. Madu dan Lemon

Madu adalah makanan yang manis dan lengket yang dihasilkan oleh lebah, manfaat madu ini sangat banyak untuk manusia, baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan.  Madu juga bisa untuk mengobati panas dalam, untuk hasil yang maksimal campurkan madu bersama dengan lemon. Buah lemon sendiri mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Dengan demikian, sangatlah baik untuk mengatasi panas dalam.

  1. Telur Ayam Kampung

Untuk mengobati panas dalam, rebuslah telur ayam kampung sebentar saja (setengah matang) kemudian campuri dengan satu sendok makan madu dan sari-sari kunyit.

  1. Air Garam

Air garam juga bisa meringankan gejala sakit tenggorokan serta gejala lain yang disebabkan oleh panas dalam, Caranya cukup mudah, campurkan air dengan garam secukupnya. Secara rutin berkumurlah dengan menggunakan air garam tersebut. Hal ini bisa meredakan iritasi karena udara kering dan alergi yang timbul karena panas dalam. Disamping itu berkumur dengan air garam bisa menghindarkan kita dari bau mulut yang kurang sedap.

  1. Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan merupakan sumber mineral penting, antara lain kalsium dan fosfor. Selain itu kacang hijau juga bisa mengatasi panas dalam. Caranya rebus dua genggam kacang hijau, tambahkan gula batu secukupnya, minumlah ramuan ini 2 kali sehari.

  1. Jeruk

Selain lemon, jeruk juga bisa untuk mengobati panas dalam. Salah satu penyebab panas dalam adalah kekurangnya vitamin C. Kandungan vitamin C pada jeruk sangat ampuh untuk mengobati panas dalam.

  1. Cincau

Cincau biasanya lebih banyak dikonsumsi sebagai minuman, cincau memiliki sifat pendingin sehingga secara efektif dapat digunakan sebagai penurun panas dalam. Bahan kandungannya tidaklah berbahaya dan tanpa efek samping.

  1. Kencur

Kencur dipercaya dapat mengobati panas dalam. Caranya adalah dengan menyeduh parutan kencur kemudian campurkan dengan madu. Minum 2 kali sehari agar penyembuhanya dapat maksimal.

Selamat mencoba semoga bermanfaat.[Yuni – WartaSolo.com]