Mengatasi Biang Keringat Secara Alami. Cuaca panas menyebabkan kulit berkeringat bahkan bagi kulit yang sensitive bisa mengakibatkan biang keringat. Anak kecil lebih rentan terhadap biang keringat dibandingkan dengan orang dewasa. Biang keringat atau miliaria adalah suatu penyakit kulit yang debabkan oleh penyumbatan pada saluran keringat. Seperti yang diketahui bahwa pada bagian bawah permukaan kulit Anda terdapat ribuan kelenjar keringat yang berguna sebagai pintu saluran keringat menuju permukaan kulit. Andaikan pintu tersebut tersumbat, maka yang terjadi adalah merembesnya keringat ke dalam kulit. Sehingga akan muncul kantong-kantong atau bintik kecil yang lama kelamaan menjadi bengkak atau inflamasi, sehingga nantinya berubah menjadi ruam yang agak memerah.

Penyebab utama yang menyebabkan saluran keringat tersumbat diteliti adalah seekor bakteri bernama Staphylococcus epidermidis. Bakteri ini hadir dan hidup di permukaan kulit, aman dan tidak menyebabkan infeksi. Namun begitu, bakteri tersebut mampu mengeluarkan zat lengket, yang mana jika menyatu dengan keringat dan sel-sel kulit mati dapat membuat saluran keringat tersumbat.


Dalam sebuah studi disebutkan bahwa orang-orang yang rentan terhadap miliaria atau biang keringat memiliki rata-rata tiga kali lipat lebih banyak jumlah bakterinya per satuan luas kulit dibanding Mereka yang jarang terkena biang keringat. Melihat begitu cukup mengganggunya penyakit miliaria, ada baiknya Anda yang terkena masalah ini mencoba beberapa cara efektif mengatasi biang keringat yang dapat diketahui pada pembahasan kali ini.

Mengatasi Biang Keringat Secara Alami


Biang keringat bisa dialami oleh siapa saja dari mulai bayi baru lahir, balita, anak kecil, hingga orang dewasa termasuk ibu hamil juga. Biasanya biang keringat muncul pada bagian-bagian tertentu pada tubuh, paling sering biang keringat muncul pada kulit leher, namun bagian tubuh lainnya seperti hidung, wajah, dahi atau jidat, ketiak, tangan bahkan punggung juga bisa saja terkena biang keringat ini.

Pada beberapa kasus biang keringat ada yang sifatnya membandel sehingga harus rajin dilakukan perawatan agar biang keringat pada kulit bisa cepat teratasi. Selain itu biang keringat terasa gatal, meskipun bukan masalah kesehatan yang cukup serius tetapi cukup menggangu aktivitas sehari-hari. Maka dari itu Anda bisa mencoba beberapa cara dibawah ini untuk mengatasi biang keringat tersebut, simak uraiannya :

1.) Madu

Madu memiliki banyak kandungan yang baik untuk kulit, termasuk sebagai pelembab alami dan humektan. Untuk dapat mengatasi biang keringat menggunakan madu, Anda hanya perlu mengoleskan madu secara langsung ke area kulit yang bermasalah. Selain itu, untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda dapat mencampurkan madu dengan minyak jojoba. Oleskan ke seluruh area yang terkena biang keringat, diamkan selama 15 hingga 20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak tiga hingga empat kali setiap minggu.

2.) Melindungi Kulit Dari Sinar Matahari

Keadaan biang keringat dapat menjadi lebih buruk jika terlalu banyak terkena sinar matahari. Terlebih jika penyebab dari biang keringat yang dialami adalah cahaya itu sendiri atau biasa disebut milia sekunder. Untuk mengatasi masalah ini, Anda tetap dapat keluar rumah pada siang hari, namun usahakan untuk menggunakan topi dan olesan tabir surya (sunblock).

Bagi anak-anak dan balita bila terjangkit biang keringat untuk menghindari kulit dari bedak (bedak dingin atau bedak tabor) dan minyak-minyakan (minyak telon, minyak kayu puti) karena dapat mengakibatkan biang keringat menjadi parah. Dan sebisa mungkin kulit yang terkena biang keringat untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik, memakai pakaian yang longgar dan menyerap keringat serta menjaga kebersihan kulit. semoga artikel diatas bermanfaat. [Yuni – WartaSolo.com]