Vitamin C Dan Bahayanya Bagi Tubuh Kita. Vitamin C diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan jaringan kolagen dan membantu fungsi antioksidan tubuh dalam menetralisir radikal bebas. Tubuh manusia tidak dapat membuat Vitamin C sendiri, sehingga harus didapat dari makanan dan suplemen.

Tahukah kamu, kira-kira berapa kebutuhan Vitamin C bagi tubuh setiap harinya?


Peneliti dari University of Michigan, Mark Moyad, mengatakan bahwa penting sekali mengetahui kebutuhan vitamin c untuk tubuh. “Semakin banyak kita mempelajari vitamin C, semakin baik juga pemahaman tentang melindungi kesehatan kita, mulai jantung, kanker, stroke, kesehatan mata dan kekebalan tubuh dan kulit,” ujar Moyad seperti dilansir situs Webmd tentang manfaat Vitamin C.

Untuk mendapat hasil yang ideal dibutuhkan 500 mg Vitamin C setiap harinya. Angka tersebut lebih tinggi dari kecukupan gizi yang direkomendasikan RDA di Amerika sebesar 75 – 90 miligram perhari untuk orang dewasa. Selain mengkonsumsi buah dan sayuran, diperlukan juga suplemen makanan untuk mendapatkan manfaat yang lengkap. “Kebanyakan orang tidak rutin mengkonsumsi buah dan sayuran untuk memenuhi kebutuhan Vitamin di tubuhnya. Dengan konsumsi suplemen sehari sekali tentunya akan aman, efektif, dan mudah dilakukan,” kata Moyad.

Vitamin C Dan Bahayanya Bagi Tubuh Kita

Lalu bagaimana bila kita terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C??? yang pastinya ada dampak bagi tubuh apabila kita mengkonsumsi vitamin C secara berlebihan diantaranya:

  1. Terganggunya penyerapan vitamin B12 di dalam tubuh. Sedangkan vitamin B12 berperan dalam fungsi saraf otak dan juga sel-sel darah merah.
  2. Produksi asam lambung meningkat dikarenakan konsumsi vitamin C dengan dosis yang berlebih. Sehingga menimbulkan masalah pencernaan seperti iritasi lambung, diare, dan juga penyakit gangstritis.
  3. Terjadinya gangguan pada urikosuria yaitu terjadinya peningkatan kadar asam urat di dalam kandungan kemih. Sehingga memicu resiko gangguan pada ginjal.
  4. Sedangkan untuk anda yang mengkonsumsi vitamin C melebihi batas maksimal setiap hari yaitu 2000 mg, akan mengakibatkan beberapa gangguan yang berhubungan dengan kerusakan jaringan otak.
  5. Mengkonsumsi terlalu tinggi vitamin C dengan batas dosis setiap hari berlebih akan menggakibatkan pusing dan juga mual.
  6. Pemberian secara langsung pada kulit anda akan menimbulkan ruam, alergi bahkan hingga menyebabkan iritasi kulit.
  7. Bagi yang sedang melakukan pengobatan, khususnya pengobatan kanker akan mengakibatkan gangguan penyerapan obat-obatan kanker dikarenakan terlalu banyak dosis vitamin C yang masuk ke dalam tubuh.

Untuk menjaga kesehatan tubuh kita memang perlu kita konsumsi vitamin C tapi harus dalam batasan normal artinya sesuai dosis yang dianjurkan apabila kelebihan maka bahaya diatas akan mengancam tubuh kita. Atau lebih amanya lagi kita konsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin C untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita dan ada berbagai macam serat tambahan yang ada dalam buah dan sayur yang kita konsumsi. [Yuni – WartaSolo.com]