WartaSolo.com – Menjawab pertanyaan anak SD, Menteri Susi: Jika besar nanti jadilah Perwira AL (Angkatan Laut). Begitulah tanggapan Susi Pudjiastuti yang merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) pada saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam sebuah acara seminar ‘Jaya Giri Jaya Bahari Refleksi 10 Tahun Tsunami’ di gedung Bentara Budaya Jakarta, pada hari Rabu (17/12/2014).

Pada saat digelarnya acara tersebut, menteri Susi diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan dari para peserta seminar. Tampak disana beberapa anak Sekolah Dasar( SD) yang turut menjadi peserta seminar. Tak hanya itu, mereka pun diberi kesempatan untuk bertanya kepada Bu Menteri.


Tak menyia-nyiakan waktu, seorang murid SD bernama Kalam, mengajukan sebuah pertanyaan yang cukup menarik. Dia menanyakan kenapa ikan yang ada di laut Indonesia di curi. Apakah disebabkan begitu luasnya laut di Indonesia dan tidak ada ikan di laut negara lain?

Menanggapi pertanyaan murid yang berasal dari SD Palmerah 05 Pagi tersebut, Menteri Susi menjawab “Nelayan asing melakukan banyak pencurian ikan di laut Indonesia disebabkan tidak adanya ketersediaan ikan laut di negara mereka bahkan laut mereka ukurannya telah mengecil. Sedangkan Indonesia itu lautnya luas,” jelas Menteri Kelautan yang berasal Pangandaran itu sebagaimana lansiran situs JPNN, Kamis (18/12/2014).

Menteri Susi lalu memberikan penjelasan bahwa sekarang ini pihaknya sedang dalam proses dalam menetapkan beberapa peraturan di sektor kelautan agar segera dapat menghentikan ilegal fishing. Di akhir acara tersebut tak lupa Menteri Susi menyampaikan pesan untuk seluruh anak SD yang hadir sebagai undangan supaya tetap belajar dengan baik dan benar supaya di suatu hari nanti bisa berguna bagi bangsa dan negara.

Apabila mampu, lanjut Menteri Susi, diantaranya ada yang menjadi seorang perwira Angkatan Laut supaya nanti dapat mengawasi laut di Indonesia yang sangat luas ini.

“Saat ini ibu sudah membuat peraturan supaya tidak ada yang mencuri ikan- ikan kita lagi. Makanya adik- adik jika besar nanti jadilah Perwira AL (Angkatan Laut)”, pungkasnya.