WartaSolo.com – Di musim penghujan atau cuaca dingin saat ini, sebagian besar orang memilih mandi menggunakan air hangat dibandingkan air dingin. Padahal, menurut penelitian mandi air dingin ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita.

Dikutip,dari Kaba24 Minggu (2/11/2014) berikut manfaat kesehatan dari mandi menggunakan air dingin:

Meningkatkan energi

Mandi air dingin di pagi hari tampaknya terlihat sangat mengerikan daripada menenangkan. Namun, ternyata pernapasan akan memberikan efek terkejut dan membuat kita tetap hangat saat kita mandi air dingin.



Hal itu karena organ pernapasan meningkatkan asupan oksigen secara keseluruhan. Mandi air dingin juga meningkatkan detak jantung, dan melepaskan aliran darah ke seluruh tubuh yang akhirnya memberi kita energi sepanjang hari.

Membersihkan rambut dan kulit
Air panas memiliki kecenderungan untuk mengeringkan kulit kita, sedangkan mandi air dingin akan mengencangkan kutikula dan membuat pori-pori tersumbat. Air dingin dapat mengecilkan pori-pori di kulit, dan kulit kepala, serta mencegah kotoran masuk.

Meningkatkan sistem imun
Ketika air dingin menyentuh tubuh, organ tubuh memiliki kemampuan untuk mendapatkan sirkulasi darah sehingga arteri lebih efisien memompa darah, dan meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan. Hal ini dapat membantu menormalkan tekanan darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Menurunkan berat badan

Mandi dingin dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara tak terduga. Tubuh manusia mengandung dua jenis jaringan lemak yakni lemak putih dan lemak cokelat.

Lemak putih akan terakumulasi ketika kita mengonsumsi banyak kalori. Lemak ini akan menumpuk di pinggang, punggung bawah, leher, dan paha yang sulit untuk dihilangkan.

Sedangkan, lemak cokelat adalah lemak baik, yang dapat menghasilkan panas untuk menjaga tubuh kita hangat, dan semakin aktif bila terkena dingin yang ekstrem.

Menurut Joslin dari Diabetes Center, sebuah afiliasi Harvard Medical School, mengatakan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan aktivitas lemak cokelat dan membantu menurunkan berat badan.