WartaSolo.com – Bawang merah merupakan bahan utama memasak yang tidak asing lagi bagi kita, khususnya masyarakat Indonesia. Perlu Anda tahu bahwa bawang merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Bawang merah mengandung allicin, agen antibakteri, dan antivirus. Zat-zat ini memberikan bau bawang menyengat dan membuat orang menangis ketika dipotong.


Namun, allicin dan bawang memberikan banyak manfaat besar bagi tubuh. Berikut daftar manfaat bawang merah bagi kesehatan, seperti dilansir Health Daily Post, Selasa (28/10/2014).

1. Mengontrol gula darah

Zat yang dikenal sulfur dalam bawang dapat menurunkan gula darah dan kolesterol. Bawang merah merupakan sumber makanan utama yang mengandung mineral kromium dan baik untuk menjaga gula darah. Serat, kalium, dan nutrisi lain dalam bawang juga membantu dalam produksi insulin.

2. Mencegah kanker

Selain mengontrol gula darah, zat belerang juga mencegah pertumbuhan sel kanker. Hasil penelitian yang dilakukan lebih dari 13 tahun di Italia dan Swiss menunjukkan bahwa ratusan orang sudah mencoba bawang merah dan bawang putih untuk menghindari kanker mulut, kerongkongan, usus besar, rektum, payudara, ovarium, dan kanker prostat.

3. Mencegah bintik-bintik gelap pada kulit

Bawang merah juga dapat membantu mencegah bintik-bintik hitam pada kulit. Bagaimana caranya? Setelah membersihkan kulit, gosok bawang langsung pada kulit gelap. Flavon kuersetin dalam bawang akan meningkatkan produksi melatonin dan membuat warna kulit kembali seperti biasa.

4. Menghilangkan racun

Sulfur dalam bawang memicu glitathione produksi, yaitu antioksidan kuat. Antioksidan akan mengaktifkan enzim dalam hati untuk menghapus semua jenis racun dalam tubuh. Dikombinasikan dengan quercetin, antioksidan akan mencegah racun menumpuk di tubuh.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh


selain antioksidan dan nutrisi, bawang juga mengandung banyak vitamin C. Vitamin ini efektif untuk membunuh virus. Bawang antibakteri juga akan mencegah ulkus lambung dan bakteri yang menyebabkan itu.

6. Insomnia

Ya, Anda mungkin tidak pernah membayangkan bahwa bawang terkait dengan insomnia. Namun pada kenyataannya, bawang merah dapat membantu mencegah insomnia. Caranya adalah dengan memotong bawang mentah, lalu tarik napas bau selama lima sampai 10 kali sebelum tidur. Ini akan membantu Anda untuk tertidur lebih cepat.

7. Mencegah kram

Bawang merah mengandung asam amino sistein yang mampu meredakan nyeri otot, stres, mencegah kerusakan sel, dan mendukung fungsi hati. Makan bawang mentah setiap hari selama empat atau lima hari sebelum menstruasi untuk mencegah kram akibat menstruasi.

8. Mimisan

Ketika hidung berdarah, gunakan bawang untuk segera menghentikannya. Caranya adalah dengan memotong bawang, kemudian meletakkannya di bawang hidung. Bau bawang akan menjadi koagulan alami yang akan membantu menghentikan pendarahan.

9. Kesehatan mulut

Mengunyah bawang mentah akan membunuh bakteri jahat di dalam mulut yang dapat menyebabkan hilangnya gigi dan infeksi. Aroma dan rasa bawang akan membuat mulut Anda bau, tetapi Anda dapat membersihkannya dengan obat kumur atau pasta gigi.

10. Jerawat

Jerawat atau bisul juga dapat dicegah dan diobati dengan bawang merah. Caranya dengan menggosok bawang di wajah Anda setiap hari. Ini akan membuat jerawat cepat hilang tanpa meninggalkan jejak. Anda tidak perlu menggunakan bahan kimia berbahaya.

11. Meningkatkan libido

Bagi Anda yang memiliki pasangan, bawang merah juga dapat membantu meningkatkan gairah seksual. Allicin dalam bawang meningkatkan aliran darah dan meningkatkan libido. Tapi hati-hati dengan itu sebelum bercinta, karena ini bisa membuat pasangan merasa tidak nyaman.